Mudah Dipelihara dan Minim Perawatan, 6 Tanaman Sayuran yang Gampang Ditanam

ERA.id - Tren menanam tanaman memang sedang naik daun saat ini. Sebab, kehadiran tanaman di rumah memberikan kesan asri dan segar. Selain tanaman hias, banyak orang yang kini makin giat menanam tanaman sayuran dihalaman rumah.

Untuk memudahkanmu, pilihlah tanaman yang sangat mudah dipelihara dan minim perawatan. Sehingga, tanaman sayur yang kamu rawat bisa tumbuh subur dan hasilnya bisa dijadikan bahan makanan. Berikut 6 tanaman sayuran yang gampang ditanam, seperti dilansir dari Taste of Home.

1. Mentimun

Mentimun (Foto: Pexels/Radoslaw Wisniewski)

Mentimun tumbuh di semak atau tanaman merambat. Varietas semak memiliki pertumbuhan yang rapi, dan dengan mudah memasukkannya ke dalam wadah. Sebagai alternatif, jenis tanaman merambat ini menghasilkan tanaman panjang yang tergeletak di tanah, kecuali didorong untuk memanjat pagar atau teralis. Perawatan tanaman sayur mentimun terbilang mudah. Cukup memberikan air pada tanaman sebanyak 2,54 sentimeter setiap minggu. Jika hujan jarang terjadi, sirami tanaman secara menyeluruh. Untuk memperoleh rasa mentimun yang bebas pahit, berikan kelembapan merata pada tanaman.

2. Tomat ceri

Tomat ceri memiliki hasil yang tinggi, dan menghasilkan rantai panjang buah-buahan yang lezat. Tomat ceri juga mudah tumbuh, berkembang dalam wadah besar atau tempat tidur taman. Varietas yang tidak boleh gagal termasuk Black Cherry, Supersweet 100 dan Sungold, yang semuanya menghasilkan panen besar buah-buahan manis.

3. Bawang putih

Bawang putih (Foto: Pexels/Karolina Grabowska)

Jika kamu menginginkan sayuran dengan perawatan rendah, tidak perlu mencari yang lain selain bawang putih, yang praktis tumbuh dengan sendirinya. Jika kamu tinggal di iklim dingin, bawang putih hardneck adalah pilihan terbaik. Sedangkan, bawang putih dengan musim dingin ringan sebaiknya menanam bawang putih softneck. Setelah kamu memanen dan mencincangnya, masukkan ke dalam piring berbau bawang putih ini.

4. Selada

Jika kamu menikmati salad harian, menanam salad sendiri akan menghemat banyak uang dari anggaran belanjaan. Daun selada adalah jenis selada yang paling mudah untuk tumbuh, dengan varietas seperti Black Seed Simpson, Red Sails dan Red Salad Bowl. Hal ini membuat semua siap panen hanya dalam satu bulan. Kamu bisa tabur benih langsung di pot atau kebun dimulai pada awal musim semi.

5. Daun bawang

Daun bawang (Foto: Pexels/Toa Heftiba Şinca)

Daun bawang adalah salah satu tanaman sayur yang mudah ditanam di halaman rumah. Sayuran serbaguna ini mudah tumbuh, baik ditanama di tanah langsung maupun menggunakan pot. Selain itu, daun bawang juga cepat panen. Biasanya, setelah delapan minggu ditanam, daun bawang sudah siap untuk dipanen. Namun, sebelum menanamnya, taburkan daun bawang bersama tanaman mint untuk mencegah lalat bawang.

6. Lobak

Sayuran renyah ini disukai karena rasanya yang pedas, warna cerah, dan manfaat kesehatannya. Tapi, ada juga yang menyukainya karena mudah ditanam, baik dalam wadah atau langsung dari tanah. Kamu bisa ambil hasinya saat sisa musim panas untuk salad lezat yang dijamin sehat dan rasanya lezat.