Mega Ingin Patung Bung Karno dan Pahlawan Lainnya Banyak Dibangun, Bukan untuk 'Didewakan'

ERA.id - Presiden RI kelima Megawati Seokarnoputri berharap patung Presiden pertama RI Soekarno dan pahlawan nasional lainnya banyak dibangun di berbagai daerah. Menurutnya, hal tersebut bisa dijadikan media bagi generasi muda untuk mengenali para pahlawannya.

Megawati mengaku, Soekarno yang juga ayah kandungnya kerap menceritakan sosok-sosok pahlawan nasional kepada dirinya. Dengan begitu, dia mengenal dan mengenang jasa para pejuang bangsa.

"Kalau bisa seluruh pahlawan ini diwujudkan di dalam bentuk fisik, sosok (patung). Supaya anak muda masih mengetahui. Saya saja kalau tidak diberitahu ayah saya bagaimana sosok Pattimura, saya tidak tahu," kata Megawati saat meresmikan Prasasti Taman UMKM Bung Karno dan 16 Kantor Partai secara daring pada Kamis (26/10/2021).

Sedangkan terkait keinginannya melihat banyak patung Bung Karno dibangun di berbagai daerah, Megawati mengaku sebagai upayanya agar jasa Bung Karno yang telah mewariskan banyak pemikiran dan kemerdekaan Indonesia tidak dilupakan.

DIa mengatakan, banyak upaya yang ingin menenggelamkan jasa-jasa Bung Karno. Namun menurutnya, suka tidak suka, Bung Karno adalah sosok proklamator Indonesia.

"Jadi, kalau memungkinkan, maka tentunya tidak perlu terburu-buru, karena kita sifatnya gotong royong, bikin lah di setiap daerah yang namanya patung beliau (Bung Karno)," kata Megawati.

"Mau tidak mau, suka tidak suka, beliau adalah proklamator kita, bapak bangsa kita dan diberi gelar pahlawan nasional. Sehingga hal seperti itu harus selalu diingatkan ke generasi muda," imbuhnya.

Ketua Umum PDI Perjuangan itu menegaskan, mendirikan patung pahlawan nasional tidak sama seperti membuat patung berhala. Dia menjelaskan, patung hanyalah simbolisasi agar generasi muda mudah membayangkan bagaimana sosok para pahlawan nasional.

"Ada yang mengatakan, kalau dari Islam garis keras mengatakan tidak boleh, takut itu didewakan, disembah. Tidak ada niat seperti itu, hanya sebuah pengenalan dari sosok pahlawan-pahlawan," ucapnya.