Momen Bobby Terima Keluhan Warga yang Rumahnya Jadi Langganan Banjir dan Tak Layak Huni

ERA.id - Wali Kota Medan Muhammad Bobby Afif Nasution tiba-tiba didatangi seorang warga yang mengeluhkan kondisi rumahnya karena kerap menjadi langganan banjir dan tidak layak huni.

Keluhan tersebut diterima Bobby dari seorang ibu bernama Lina (58) saat meninjau proses pembetonan Gg Lomba Lingkungan 25, Kelurahan Tanjung Mulia Hilir, Kecamatan Medan Deli.

Lina yang suah menjanda dan harus mengasuh lima cucunya, itu menyampaikan bahwa rumahnya menjadi langganan banjir lantaran letak rumah lebih rendah dari permukaan Gang Lomba.

Mendapat keluhan itu, Bobby memanggil Camat Medan Deli dan Lurah Tanjung Mulia Hilir Hendra Syaputra, untuk melihat langsung kondisi rumah Lina. Belum tiba dan masuk, dari kejauhan raut wajah Bobby langsung berubah tatkala melihat kondisi rumah warganya itu.

Selanjutnya, Bobby minta kepada Camat dan Lurah untuk memperhatikan Lina beserta keluarganya, antara lain segera meninggikan halaman rumah dan mengupayakan pembenahan rumah tersebut agar layak huni.

Sebelum meninggalkan rumah tersebut, Bobby mengambil bingkisan sembako dan menyerahkan kepada sang ibu untuk meringankan perekonomian.

Mendapat perhatian dari menantu Presiden Jokowi itu, Lina tak kuasa menahan tangis haru. Tangan kanannya menyeka air mata yang menetes saat mengetahui rumahnya akan dibenahi oleh Wali Kota Medan.

"Terima kasih Pak Wali karena telah melihat dan membantu kami. Semoga Pak Wali senantiasa diberi kesehatan agar bisa terus memperhatikan warga kurang mampu," ungkap Lina dikutip Minggu (7/11/2021).

Diketahui Panjang gang yang dibeton lebih kurang 68,5 meter dengan lebar sekitar 2,5 meter serta ketebalan 15 sentimeter. Pengerjaan dilakukan dengan sistem pengadaan swakelola  yang dikerjakan kelompok masyarakat serta menggunakan dana kelurahan.

Saat peninjauan tersebut, Bobby Nasution juga menyoroti parit kecil di depan sebagian rumah warga. Ia minta parit itu segera diperbaiki,  sebab tidak sesuai standar.

"Setiap kali melakukan pembetonan baik gang maupun jalan, agar memperhatikan drainase. Jika drainase sesuai standar, tentunya saat hujan deras gang mau pun jalan yang telah selesai dibeton tidak tergenang lagi," kata Bobby Nasution.

Menyikapi keluhan warganya kepada Wali Kota, Lurah Tanjung Mulia Hilir Hendra Syaputra mengatakan, akan segera berkoordinasi dengan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait, guna mengupayakan agar dilakukan perbaikan rumah.

"Kita usulkan agar rumah ibu Lina masuk dalam program bedah rumah. Kita akan cek kelengkapan surat-surat rumah itu sebagai persyaratan untuk bisa masuk program tersebut," jelasnya seraya menambahkan sebelumnya pihak kelurahan juga telah membantu dengan memasukkan aliran listrik ke rumah tersebut.