Sukses Gelar Peparnas XVI dan Raih Medali Terbanyak, Jokowi Ucapkan Selamat Kepada Masyarakat Papua

ERA.id - Presiden Joko Widodo bertolak ke Jayapura, Papua untuk menghadiri sekaligus menutup Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021 pada Sabtu (13/11/2021). Peparnas digelar sejak 2 November 2021.

Sebelum menutup Peparnas XVI Papua, Jokowi mengaku bersyukur sempat melihat dua pertandingan dari cabang olahraga Judo.

"Sore hari ini saya hadir kembali di Papua untuk melihat secara langsung pertandingan-pertandingan di akhir Peparnas. Alhamdulillah masih bisa melihat dua tanding Judo," kata Jokowi dalam konferensi pers yang disiarkan di kanal YouTube Sekretariat Presiden, Sabtu (13/11/2021).

Jokowi juga mengucapkan selamat kepada Provinsi Papua yang sudah sukses menggelar dua ajang olahraga nasional yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Peparnas XVI. Dia juga menyebut, di ajang Peparnas ini Provinsi Papua menempati urutan teratas dalam perolehan medali.

"Saya ingin menyampaikan selamat kepada Papua yang pertama telah sukses menyelenggaran PON dan kedua sukses menyelenggaran Peparnas. Dan di Peparnas, Provinsi Papua menempati tempat yang paling atas. Selamat," kata Jokowi.

Dalam kesempatan itu, Staf Khusus Presiden Angkie Yudistia menjelaskan bahwa pertandingan yang disaksikan oleh Presiden Jokowi adalah pertandingan Judo tunanetra.

"Kita melihat pertandingan yang disaksikan Bapak Presiden hari ini adalah pertandingan Judo penyandang disabilitas tunanetra," kaya Angkie.

Selain menutup Peparnas XVI Papua, Angkie mengatakan, kehadiran Presiden Jokowi juga untuk memberikan dukungan dan semangat kepada para atlet disabilitas agar terus memupuk potensi-potensinya.

Presiden Jokowi, kata Angkie berharap para atlet ini nantinya mampu bertanding dan mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.

"Bapak Presiden bangga dengan seluruh atlet-atlet penyadanng disabilitas di mana potesinya kelak terus diasah sehingga akan mewakili Indonesia di ranah Internasional," katanya.

Untuk diketahui, seremoni penutupan Peparnas XVI Papua 2021 ini dijadwalkan dua hari lebih cepat dari seharusnya. Peparnas XVI Papua seharusnya digelar mulai 2 November hingga 15 November 2021.

Peparnas Papua 2021 dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Stadion Mandala Jayapura, 5 November. Pesta olahraga disabilitas ini berlangsung di dua klaster yakni Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Tak kurang dari 1.985 atlet dari 33 provinsi bersaing dalam 12 cabang olahraga di Peparns ini, yakni angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CP, tenis lapangan kursi roda dan tenis meja.