Papua Jadi Juara Umum Peparnas XVI, Presiden Jokowi: Bukan Hanya Torang Bisa, Tapi Torang Hebat

ERA.id - Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat kepada Provinsi Papua yang menjadi juara umum Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Papua 2021. Tercatat per 12 November malam, Papua berhasil meraih 114 medali emas, 72 medali perak, dan 75 medali perunggu.

Presiden Jokowi mengatakan, capaian prestasi yang ditorehkan oleh Provinsi Papua itu menunjukan bahwa para atlet paralimpik dari Bumi Cendrawasih bukan hanya mampu tapi juga hebat.

"Di Peparnas ini Provinsi Papua jadi juara umum, meraih medali terbanyak. Selamat kepada para atlet, utamanya atlet Papua yang sudah menunjukan prestasinya," kata Presiden Jokowi dalam pidato penutupan Peparnas XVI Papua di tadion Mandala Jayapura, Sabtu (13/11/2021).

"Kesimpulannya, bukan hanya torang bisa. Tetapi torang hebat!" tegas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengapresiasi kinerja Pemerintah Provinsi Papua yang sudah sukses menggelar dua acara olahraga nasional yaitu Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Peparnas XVI 2021.

"Kinerja tuan rumah Provinsi Papua luar bisa. Penyelenggaran PON dan Peparnas luas biasa," kata Presiden Jokowi.

Untuk diketahui, seremoni penutpan Peparnas XVI Papua 2021 ini dijadwalkan dua hari lebih cepat dari seharusnya. Peparnas XVI Papua seharusnya digelar mulai 2 November hingga 15 November 2021.

Peparnas Papua 2021 dibuka oleh Wakil Presiden Ma'ruf Amin di Stadion Mandala Jayapura, 5 November. Pesta olahraga disabilitas ini berlangsung di dua klaster yakni Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura.

Tak kurang dari 1.985 atlet dari 33 provinsi bersaing dalam 12 cabang olahraga di Peparns ini, yakni angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CP, tenis lapangan kursi roda dan tenis meja.