Soal Penentuan Venue Formula E, Stafsus Mensesneg: Itu Tanggung Jawab Pemprov DKI

ERA.id - Kementerian Sekretariat Negara menegaskan pemilihan venue Formula E yang akan diselenggarakan di DKI Jakarta merupakan tanggung jawab dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan panitia penyelenggara.

Staf Khusus Menteri Sekretariat Negara Faldo Maldini menegaskan inisiatif hingga skenario pembiayaan dan kepanitiaan penyelenggaraan Formula E menjadi tanggung jawab Pemprov DKI.

"Oleh karena itu, semua terkait Formula E menjadi tanggung jawab Pemprov DKI. Berbagai dinamika di daerah terkait penyelenggaraan adalah sepenuhnya tanggung jawab pemangku kebijakan daerah dan penyelenggara dengan berkoordinasi dengan pihak-pihak yang terkait," jelas Faldo melalui pesan singkat pada Era.id pada Kamis (25/11/2021).  

Dia pun mengungkapkan Gubernur DKI Jakarta sempat mengajukan permohonan untuk menghadap Presiden Joko Widodo dengan mengajak serta CEO Formula E.

Menanggapi permintaan tersebut, dia meminta Pemerintah Provinsi DKI Jakarta dan panitia penyelengga memprioritaskan terlebih dahulu untuk menuntaskan semua permasalahan yang dihadapi.

"Venue, jalur, termasuk tata kelola, harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya, sesuai peraturan perundang-undangan dan kepatutan," kata dia.

"Kan aneh juga, apa-apa nanti harus bertemu Presiden terlebih dulu. Kan kita punya aturan dan prosedur. Itu saja ukurannya kita bernegara," jelas dia.

Dia mencontohkan ajang penyelenggaraan World Superbike Mandalika kemarin juga tidak diawali oleh pertemuan CEO dengan Presiden.

"Sekali lagi, kami tegaskan ini ranahnya pemerintah daerah dan penyelenggara," pungkas Faldo.

Sebelumnya, Presiden Jokowi disebutkan akan menentukan venue Formula E Jakarta. Hal tersebut akan diumumkan sebelum akhir tahun ini.

"Jadi kita akan melakukan semacam feasibilities study untuk di lima lokasi ini terlebih dahulu sebelum nanti diumumkan sebelum Natal dan mudah-mudahan sebelum Natal sudah ada keputusannya. Kita akan melanjutkan proposal kepada Presiden Republik Indonesia dan beliaulah yang akan mengambil keputusan," ujar Co-Founder Formula E Alberto Longo, dalam jumpa pers, Rabu (24/11).

Saat ini ada lima calon venue balap Formula E Jakarta masih tahap uji kelayakan. Lima calon sirkuit itu antara lain di wilayah Sudirman, PIK, kawasan dekat Stadion JIS, JIExpo Kemayoran, dan Ancol.

"Ada lima lokasi yang berbeda beda yang tapi bukan yang terlarang, yang tadi bapak Bambang Soesatyo sebutkan," sambungnya.

Sementara itu, Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo (Bamsoet) menuturkan lima calon venue balap itu akan diajukan ke Presiden Jokowi.

"Jadi ada 5 yang kita ajukan ke Presiden. Kira-kira mana yang beliau sarankan, plus-minus dari wilayah-wilayah," ujar Bamsoet dalam jumpa pers.