Aksi Ketum Golkar Airlangga Hartarto Pamer Kemampuan Kungfu, Netizen: Mirip Wong Fei Hung

ERA.id - Akun sosial media Partai Golkar memposting sebuah video yang memperlihatkan ketua umumnya Airlangga Hartarto sedang memperagakan seni bela diri Wing Chun atau kungfu pada sebuah acara.

Aksinya tersebut cukup menarik perhatian tidak hanya yang menonton secara langsung melainkan juga netizen.

Tampak dalam video yang diupload di Tiktok melalui akun resmi @golkar.indonesia, Kamis (9/12/2021), Airlangga nampak sedang memukul dan menendang alat peraga kayu khusus latihan atau biasa disebut Wing Chun Wooden Dummy.

"Ketua PB Wushu Indonesia Airlangga Hartarto unjuk gigi di depan publik dalam ajang Kejurnas Wushu," tulis akun tersebut.

Terdengar suara tepuk tangan dari penonton yang hadir dalam acara tersebut. Selain itu, tidak sedikit warganet yang berkomentar di video tersebut.

“Jadi beneran bisa. Keren abes,” komentar salah satu netizen.

“Bukannya awalnya emang gitu ya pelan-pelan dulu baru nanti lama-lama jadi cepet? apa gua yang salah?” tanya netizen lain.

Sementara itu, banyak yang justru malah fokus memperhatikan kemiripan Airlangga dengan Samo Hung atau WongFei Hung.

"ini paman AHA lagi cosplay jadi IP Man atau Wong Fei Hung?" ujar netizen.

Sebelumnya, Ketua Umum Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Airlangga Hartarto menyampaikan keinginannya sekaligus kabar gembira bagi masyarakat wushu Indonesia.

Pada acara pembukaan Indonesia Wushu All Games 2021 itu, Ketum yang juga sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian ini menyampaikan keinginan PB WI untuk membangun pusat pelatihan wushu Indonesia.

“DKI Jakarta itu kan banyak punya fasilitas sosial (fasos) dan fasilitas umum (fasum). Semoga Pak Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, memberikan fasilitas. Apalagi, wushu DKI Jakarta punya kontribusi emas bagi Kontingen DKI Jakarta pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021,” katanya di Tenis Indoor GBK Senayan, Selasa (7/12) malam.

“Di sini ada Raja Property, Pak Budiarsa dan kami sudah cek ada fasos dan fasum di Citra Garden Cengkareng, Jakarta Barat yang bisa dimanfaatkan. Kalau fasos dan fasum itu diberikan bisa pelatnas terpusat,” tambahnya.

Dijelaskan, wushu ada di Desain Besar Olahraga Nasional, targetnya Olimpiade 2032. Sekarang memiliki stok atlet rata-rata di bawah 12 tahun sehingga bila nanti dipertandingkan Indonesia bisa dapat meraih emas di Olimpiade 2032.