Jelang Tahun Baru, Harga Sembako Meningkat Pesat

ERA.id - Menjelang tahun baru 2022, harga sembako mengalami kenaikan yang pesat. Kenaikan harga seperti telur ayam, minyak, dan cabai terjadi di Pasar Anyar Kota Tangerang.

Salah satu pedagang di Pasar tersebut, Rahmat mengatakan harga telur kini mencapai Rp32 ribu per kilo gram. Hal ini berbeda bila dibandingkan harga telur pada seminggu lalu yakni di angka Rp26 ribu per kilo gram.

"Naik dari sananya. Mungkin emang karena mau tahun jadi sebako pada naik," ujarnya, Selasa, (28/12/2021).

Hal senada diungkapkan pedagang sayur di pasar tersebut, Eko. Harga cabai kini ada di angka Rp110 ribu per kilogram.

Kata dia, cabai mengalami kenaikan disebabkan oleh curah hujan yang tinggi. Sehingga banyak yang gagal panen. Ditambah permintaan yang meningkat.

"Karena kan musim hujan mungkin. Terus tahun baru, tapi biasanya turun," kata dia.

Kepala PD Pasar Kota Tangerang, Titien Mulyati mengatakan kenaikan harga sembako ini lebih melesat bila dibandingkan tahun sebelumnya. Hal ini disebabkan banyak permintaan.

"Memang sudah mahal, kondisinya, permintaan banyak. Justru sekarang naiknya lebih dari tahun tahun sebelumnya," ungkapnya

Untuk minyak curah berada di angka Rp20 ribu, Daging Sapi Rp130 ribu per kilo gram dan ayam broiler Rp40 ribu per kilogram. Lalu telur ayam broiler Rp32 ribu per kilogram, cabai rawit merah Rp110 ribu per kilogram.

Untuk memfasilitasi masyarakat kata Titien pihaknya akan menyediakan pasar murah. Di pasar tersebut disediakan sembako dengan harga di bawah pasar.

"Biasanya kita ngadain pasar murah, pasar sembako murah biasanya ada telur dan lainnya. Seperti nanti hari Kamis pasar lingkungan ada seminggu sekali. Itu harga nya di bawah harga normal. Pasar sembako dan produk ukm harga nya di bawah. Kaya gula misal harganya Rp16 ribu kalo di luar Rp20 ribu," pungkasnya.