Terang-Terangan Dukung Palestina, Emma Watson Disindir Duta Besar Israel di PBB

ERA.id - Emma Watson menuai kontroversi usai membagikan unggahan di media sosialnya tentang Palestina. Watson bahkan disindir habis-habisan oleh duta besar PBB untuk Israel.

Kontroversi ini bermula dari unggahan Emma Watson di Instagram-nya tentang dukungan terhadap Palestina. Dalam unggahan itu, dia membagikan ulang unggahan akun @badactivisitcollective, yang menampilkan dukungan untuk Palestina.

"Solidaritas adalah kata kerja," bunyi keterangan dalam foto itu.

Selain itu, pemain film Harry Potter ini juga mengambil kutipan dari Sara Ahmed tentang arti solidaritas dalam keterangan fotonya, Di mana dia menyebut solidaritas membutuhkan komitmen. Tentu saja unggahan yang dibagikan itu menarik perhatian lebih dari 1,2 juta pengikut. Bahkan kolom komentar Watson juga diserbu dengan ribuan komentar yang pro dan kontra dengan pendiriannya.

Tidak hanya itu saja, politisi Israel sekaligus mantan duta besar Israel untuk PBB, Danny Danon membagikan reaksinya. Danon bahkan menyindir Watson melalui cuitannya di Twitter resmi miliknya dengan keterangan "10 poin dari Gryffindor karena menjadi antisemit".

Gilad Erdan, duta besar Israel saat ini untuk PBB juga memberikan reaksi keras atas unggahan Emma Watson. Sama seperti Danon, Erdan juga menyindir Emma dengan mengaitkannya dalam film Harry Potter.

"Fiksi mungkin berhasil di Harry Potter, tetapi kenyataannya tidak. Jika itu terjadi, sihir yang digunakan di dunia sihir bisa menghilangkan kejahatan Hamas yang menindas wanita & mencari pemusnahan Israel) dan PA (yang mendukung teror). Saya akan mendukung itu!" cuit Erdan di Twitter.

Reaksi keras pejabat dan pemerintah Israel terhadap selebritas ini bukan kali pertama yang terjadi. Pada Oktober 2021, penulis buku laris Irlandia Sally Rooney mengatakan dia telah memilih untuk tidak menjual hak terjemahan untuk novel terbarunya ke penerbit yang berbasis di Israel, dengan alasan kekhawatiran tentang konflik Israel-Palestina.

Nachman Shai, Menteri Urusan Diaspora Israel, mengkritik keputusan Rooney di Twitter. "Boikot budaya Israel, anti-Semitisme dengan kedok baru," tulisnya.

Begitu juga dengan supermodel Bella Hadid yang beberapa waktu lalu memberikan dukungan terhadap Palestina, yang juga menjadi kota kelahiran ayahnya.