Heboh White Kofie Mengandung Babi, Ini Faktanya

ERA.id - Beredar pesan singkat yang berisi informasi minuman white kofie mengandung babi. Karena itu muslim dilarang mengonsumsinya.

Informasi tersebut telah beredar sejak 2013. Bahkan ada ajakan untuk menyebarkan informasi tersebut dengan menyandingkan gambar babi dengan bungkus saset white kofie.

"1 x ANDA SEBARKAN BERARTI ANDA SUDAH MENYELAMATKAN JUTAAN MUSLIM,!! STOOOP,, MINUMAN WHITE KOFIE !! INI TERBUKTI MENG4NDUNG B4BI, Bagi yang Muslim Jangan Konsumsi Lagi! Mohon Bantu Sebarkan! https://goo.gl/1DkmAk," tulis pesan tersebut.

Dikutip dari lama turnbackhoax.id, pesan yang beredar tersebut hoaks. Pesan tersebut sempat dikonfirmasi Detikfood, produk minuman serbuk Luwak White Koffie sudah memiliki sertifikasi halal dari LPPOM MUI Provinsi Jawa Tengah yang berlaku sampai 29 Desember 2013.

Lalu, masa berlaku sertifikasi halal tersebut telah diperpanjang sampai tahun 2015 dan dapat dilihat melalui situs resmi LPPOM MUI. Berdasarkan keterangan di atas, dapat disimpulkan konten tersebut merupakan konten yang menyesatkan.