Pura Mangkunegaran Umumkan Penerus Baru

ERA.id - Pura Mangkunegaran mengumumkan penerus takhta KGPAA Mangkunegara XI. GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo yang merupakan putra bungsu dari KGPAA Mangkunegara IX akan dikukuhkan sebagai KGPAA Mangkunegara X.

Pengumuman ini disampaikan oleh Wedhana Satrio Pura Mangkunegaran, Lilik Priarso, Selasa (1/3/2022). Ia membacakan pengumuman ini dalam bahasa Jawa Krama.

"Setelah ada pertemuan keluarga, dengan tulus ikhlas sepakat dengan Prameswari Dalem Gusti Kanjeng Putri Mangkunegara IX, menetapkan Gusti Pangeran Hario Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo, SH sebagai Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Mangkunegara X," katanya.

Pengumuman ini ditanda tangani oleh Gusti Raden Ayu Retno Satuti Suryahadiningrat dan Gusti Raden Ayu Retno Rosati Notohadiningrat.

"Tata cara adat Jumenengan Dalem (pengukuhan) akan dilaksanakan Sabtu Pahinh tanggal 8 Ruwah Alip 1955 atau 12 Maret 2022," katanya.

Sebagai informasi ada dua kandidat pengganti KGPAA Mangkunegara IX, yakni putra sulungnya GPH Paundrakarna Jiwa Suryanegara dan putra bungsunya GPH Bhre Cakrahutomo Wirasudjiwa. Namun akhirnya kepemimpinan dijatuhkan pada GPH Bhre Cakrahutomo.