Terungkap! GPH Bhre Cakrahutomo Telepon Gibran Sebelum Diumumkan Jadi KGPAA Mangkunegara X, Apa yang Dibahas?

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka berencana menemui GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo sebelum dikukuhkan menjadi KGPAA Mangkunegara X.

Keduanya berencana untuk memajukan kota Solo agar menjadi lebih kreatif, inovatif dan menjangkau anak muda.

”Kemarin malam beliau (Bhre) sudah telepon saya. Nanti Jumenengan tanggal 12 Maret ya, besok beliau ke Solo. Mau ketemu wae,” ucap Gibran saat ditemui di Balai Kota Solo, Selasa (1/3/2022).

Selain bertemu dengan GPH Bhre Cakrahutomo, Gibran juga akan bertemu dengan Putra Mahkota Keraton Kasunanan Hadiningrat, KGPH Puroboyo yang baru saja dikukuhkan, Minggu (27/2/2022) kemarin.

”Nanti ketemu sama Gusti Puroboyo juga,” ucapnya.

Pertemuan ini direncanakan Gibran untuk menyamakan visi dan misi untuk memajukan kota Solo. Apalagi di masa-masa sulit dan masa darurat seperti saat ini.  Termasuk untuk membahas pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19 ini.

”Semua harus bergandengan tangan, semoga dengan munculnya tokoh-tokoh muda ini bisa lebih memajukan program-program yang lebih kreatif, inovatif dan menjangkau anak muda. Intinya selamat pada Gusti Bhre dan Gusti Puroboyo, orang-orang hebat semua,” ucapnya.

Salah satu bidang yang akan dibidik yakni mengenai seni budaya. Tentunya untuk memajukan bidang ini Gibran juga akan melibatkan tokoh senior dan sesepuh. Namun ia akan mengedepankan akselerasi dan inovasi bagi anak muda.

”Besok tak coba bertemu Gusti Bhre. Beliau rencananya akan balik ke Solo Rabu. Gusti Puroboyo juga, nanti tak menghadap juga, beliau kan di Semarang. Masih kuliah,” ucapnya.

Pura Mangkunegaran baru saja mengumumkan penerus takhta setelah ditinggal mangkat penguasanya, Mangkunegara IX bulan Agustus 2021 lalu. Putra bungsunya, GPH Bhre Cakrahutomo Wira Sudjiwo ditetapkan sebagai penerus dan akan dikukuhkan sebagai Mangkunegara X.