Isu Reshuffle Kabinet Jokowi, PKB: PAN Dapat Menteri dan Wamen

ERA.id - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) mengaku sudah mendengar kabar Presiden Joko Widodo akan melakukan reshuffle kabinet. Kabarnya pula Partai Amanat Nasional (PAN) akan dapat jatah menteri dan wakil menteri.

"PAN dapat satu menteri plus satu wamen," kata Sekretaris Gerakan Sosial dan Penanggulangan Bencana DPP PKB Luqman Hakim kepada wartawan, Selasa (8/3/2022).

Namun, Luqman belum mengetahui posisi kementerian apa yang akan diberikan kepada PAN. Dia juga mengaku mendapat kabar, reshuffle kabinet akan dilakukan pada akhir Maret 2022.

"Kalau kabar kabar warung kopi begitu, infonya akhir Maret ini," kata Luqman.

"Tapi belum tahu pastinya kapan dan posisinya apa, masih kabar-kabar sih," imbuhnya.

Kabar serupa sebelumnya juga sudah didengar PPP, yang merupakan partai koalisi pemerintah. Namun, belum dikonfirmasi kebenarannya kepada Presiden Joko Widodo.

Rumor yang beredar, pertemuan antara Jokowi dengan Zulkifli dilakukan pada akhir awal Februari 2022. Dalam pertemuan itu, Jokowi menyinggung ingin merombak kabinet dan menyertakan PAN di dalam susunan menterinya.

Kabar tersebut sudah dibantah oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan. Dia mengaku tidak benar ada pertemuan antara dirinya dengan Jokowi.

"Tidak benar," ujar Zulkifli kepada wartawan melalui pesan singkat, Senin (7/3).

Sebelumnya, kabar PAN akan menjadi bagian dalam kabinet Indonesia Maju sudah santer terdengar sejak PAN bergabung bersama partai koalisi pemerintah.

Sekitar akhir tahun lalu, juga santer beredar bahwa Zulkifli digadang-gadang bakal ditunjuk Jokowi sebagai salah satu menterinya. Namun, hingga tahun berganti, reshuflle kabinet tak kunjung terjadi.