Jangan Anggap Lawan, Begini Tips Cerdas Hadapi Kompetitor Bisnis Ala Pebisnis Kopi Kekinian

ERA.id - Apapun bidangnya, kehadiran kompetitor atau pesaing pastinya menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan pengusaha untuk keberhasilan bisnisnya. Co-Founder of Kopi Soe, Sylvia Surya menyampaikan bahwa keberadaan kompetitor tak selamanya merugikan.

Sylvia mengatakan bahwa keberadaan kompetitor bisa memperkuat brand yang dibuat. Ia memberikan satu contoh dengan lokasi toko yang bersebelahan dengan kompetitor ternyata bisa lebih memperkenalkan produk.

"Kompetisi itu malah bisa memperkuat brand kita. Misal sebelah-sebelahan sama brand lain produk sama, fun facts-nya adalah itu bisa meningkatkan penjualan. Itu bagus banget buat exposure kita, buat konsumen kita bisa punya banyak pilihan juga. Ya misal mungkin hari ini nggak ke sini, besok ke brand kita," ujar Sylvia, saat acara ShopeePay Talk, pada Rabu (23/3/2022).

Untuk menghadapi persaingan bisnis, Sylvia mengatakan bahwa produk dari brand sendiri haruslah memiliki keunikan yang membedakan dari produk brand lainnya. Setiap pengusaha harus bisa mencari celah mengenai produk yang tidak dimiliki oleh brand lain, lalu membuatnya di bisnis sendiri. Dengan mengetahui itu, produk akan berbeda dan lebih spesial dari yang lainnya.

"Menghadapi persaingan ya balik lagi ke produk. Kita harus bisa keluarin nih apa keunikan kita, bagaimana, selain dari teknik komunikasinya di sosial media tentang produk. Produk apa sih yang brand lain itu nggak punya, tapi kita bisa hadirin itu di brand kita," pungkas Sylvia.