Tips Olahraga Ideal Bagi Tubuh Saat Puasa Ala Ade Rai

ERA.id - Binaragawan Ade Rai membagikan tips sekaligus waktu yang tepat untuk berolahraga selama bulan Ramadan. Ade Rai mengatakan waktu yang baik untuk olahraga bisa dilakukan tepat sebelum berbuka puasa.

"Kalau waktu yang tepat, sebenarnya idealnya kalau kita bicara secara hormonal itu the end of fasting Itu adalah waktu yang paling tepat untuk melakukan aktivitas olahraga," kata Ade Rai selama jumpa virtual Fita, Rabu (13/4/2022).

Lalu, kata Ade Rai, selama menjalankan puasa selama kurang lebih 8 jam tubuh menggunakan sisa-sisa makanan yang disantap selama sahur untuk sumber energi.

Nantinya kata Ade Rai, sisa makanan itu disimpan di dalam dua tempat salah satunya otot. Dari makanan yang tersimpan itu juga akan menjadi lemak yang turut berperan aktif sebagai sumber tenaga.

"Kalau kita olahraga di ujung puasa efek dari puasanya itu jadi optimal lagi. Tadinya cuma kuat 14 jam tapi bisa jadi sampai 17-18 jam. Nah saat itulah badan akan mendapatkan kemapuan tubuh secara cerdas, sel-sel buruk dibuang yang bagus dipertahankan," jelasnya.

Mengenai jenis olahraga yang bisa dilakukan menjelang buka puasa, Ade Rai mengatakan berbagi kegiatan bisa menjadi pilihan, salah satunya kardio. Selain itu bisa juga melakukan olahraga ringan yang berfungsi untuk mengencangkan otot rangka dengan memanfaatkan kemampuan tubuh sendiri.

"Yang paling bagus olahraga yang underrated bukan melatih pengencangan otot jantung, tapi pengencangan otot rangka yaitu latihan beban. Latihan beban yang ada di kepala kita menggunakan besi, alat-alat berat jawabannya tidak, hanya cukup menggunakan tubuh sendiri," ucapnya.

Lebih lanjut Ade Rai mengatakan berbagai jenis kegiatan di rumah yang bisa dilakukan sebelum berbuka puasa juga termasuk ke dalam bagian dari olahraga yang membakar lemak tubuh.