Bahas Pola Asuh Orang Tua Terhadap Anak di Indonesia, Istri Daniel Mananta Picu Pro Kontra di Kalangan Emak-Emak

ERA.id - Istri Daniel Mananta, Viola Maria menuai sorotan usai memberikan tanggapannya mengenai pola asuh orang tua terhadap anak di Indonesia. Lewat kanal YouTube Daniel Mananta Network, Viola mengungkap ada satu hal yang ia sayangkan dari pola asuh anak di Indonesia.

Viola menyayangkan saat bertemu wanita Indonesia yang masih meminta izin untuk melakukan apa yang mereka inginkan. Menurutnya, itu terjadi karena pola asuh orang tua di Indonesia cenderung mengekang.

"Mereka dibesarkan untuk tetap tinggal bersama keluarga mereka, untuk memastikan mereka tidak akan pergi jauh, untuk memastikan bahwa si anak perempuan selalu dekat, dan akan melakukan apa yang dikatakan orang tua," ujar Viola.

"Saya merasakan bahwa wanita di sini diberitahu bahwa mereka dari kecil sehingga tidak boleh jauh-jauh dan dunia ini tempat berbahaya. Lebih baik tinggal di rumah dan dengarkan ayah dan ibu agar tetap aman," katanya.

Viola kemudian mengibaratkan pola asuh anak yang baik itu seperti menanam pohon, di mana tujuan orang tua mengasuh untuk membuatnya tumbuh dan berkembang. Namun, menurutnya pola asuh anak di Indonesia justru seperti menanam benih di pot kecil.

"Sepertinya para wanita di sinis sering kali dibesarkan untuk tetap kecil dan terbatas dalam pot kecil mereka, karena keluarga mereka khawatir mereka akan pergi. Hati saya hancur untuk itu. Aku sedih menyaksikan hal tersebut terjadi," pungkasnya.

Pendapat Viola Maria tentang pola asuh anak di Indonesia ini menuai banyak respons dari warganet dan menimbulkan pro kontra.

"Beda, jangan samain pola asuh di sana sm di sini," kata netizen.

"Beda jauh, tiap anak itu jg berbeda. Ada yang dibebasin tau batasan & ada yang dibebasin melampaui batasan," ujar yang lain.

"Sangat suka dengan pemikiran ini orang," sambung yang lainnya.