Diprediksi 1,9 Juta Kendaraan Bakal Mengarah ke Jabodetabek saat Arus Balik, Polisi Sarankan masyarakat Gunakan Jalur Alternatif

ERA.id - Polri memprediksi ada jutaan kendaraan yang akan kembali ke kawasan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selama puncak arus balik mudik Lebaran tahun ini.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Ahmad Ramadhan mengatakan, dari jumlah kendaraan yang keluar pada arus mudik, diperkirakan akan ada 1.979.127 kendaraan yang kembali.

"Polri sudah antisipasi jumlah kendaraan yg akan kembali atau arus balik menuju jabodetabek dengan memperhatikan jumlah kendaraan yang keluar pada arus mudik. Dengan total sebanyak 1.979.127," kata Ramadhan dalam konferensi pers di Jakarta, Rabu (4/5/2022).

Adapun puncak arus balik diperkirakan terjadi pada 6 Mei hingga 8 Mei 2022.

Untuk mengantisipasi kepadatan lalu lintas, Polri bekerja sama dengan Kementerian Perhubungan dan stake holder terkait telah menyiapkan tujuh langkah yang akan diterapkan.

Salah satunya dengan menerapkan skema satu arah atau one way di sejumlah ruas jalan tol, dan menyiapkan rute-rute alternatif.

Ramadhan menyarankan pula agar masyarakat tidak menunggu di ruas Gerbang Tol ketika kendaraan terhenti, karena pemberlakuan skema one way. Sebab, hal ini akan berdampak pada penumpukan kendaraan.

"Tidak menunggu selesainya one way di entry gerbang tol sehingga tidak terjadi penumpukan kendaraan," kata Ramadhan.

Polri, kata Ramadhan, mengimbau masyarakat yang hendak kembali untuk memanfaatkan rute-rute alternatif yang sudah disediakan, terutama kendaraan dari Jakarta menuju Bandung. Sehingga tidak perlu menunggu skema one way selesai diberlakukan.

"Kami mengimbau masyarakat untuk menggunakan rute alternatif," katanya.

Berikut rute-rute alternatif Jakarta arah Bandung:

1. Jagorawi – Puncak – Cisarua – Cipanas – Cianjur – Sukaluyu – Cipatat – Padalarang – Bandung.

2. Jagorawi – Cibubur – Cileungsi – Jonggol – Cianjur – Padalarang – Bandung.

3. Kalimalang – Kedung Waringin – Karawang – Purwakarta – Wanayasa – Lembang – Bandung.

4. Kalimalang – Kedung Waringin – Karawang – Purwakarta – Sukatani – Darangdan – Cikalong – Padalarang –

Bandung.

5. Jagorawi – Sukabumi – Cianjur – Padalarang – Bandung.

Sebagai informasi, skema one way akan diterapkan mulai dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung sampai dengan KM 70 Gerbang Tol Cikampek Utama.

Apabila volume kendaraan menuju Jakarta sangat padat maka sistem one way akan diberlakukan mulai Jumat (6/5) pukul 14.00-24.00 WIB. Dimulai dari Tol Kalikangkung KM414 sampai dengan Tol Cikampek KM 47, diteruskan cengan contraflow sampai dengan KM 28,5.

"Rekayasa lalu lintas ini juga berlaku dan bersifat situasional pada puncak arus yang diprediksi akan terjadi pada hari Sabtu tanggal 7 Mei dan hari Minggu tanggal 8 Mei 2022," kata Ramadhan.