Karena Antikorupsi Harus Ditanam Sejak Kecil

Jakarta, era.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menggelar acara Festival Anak Jujur 2 di Gedung Merah Putih. Tahun lalu, KPK juga mengadakan acara serupa yang melibatkan 3.500 anak.

Kata Wakil ketua KPK, Saut Situmorang, acara ini dibuat supaya sikap antikorupsi mulai terbentuk sejak dini. "Supaya tertanam pengalaman membiasakan yang baik dan berani berbeda di jalan yang benar," kata Saut, Sabtu (2/12/2017).

Sejumlah artis yang ambil bagian, unjuk kebolehan melalui sosiodrama "Lidah Tak Bertulang". Diperankan oleh Oppie Andaresta dan Suara Anak Bumi. Turut serta Raffi "The Voice" tampil di festival ini.

Pertunjukan sosiodrama dipilih sebagai supaya publik lebih mudah mengetahuui bentuk-bentuk korupsi, cara pencegahan, pelaporan, dan pengawasan. Selain itu, dengan metode ini KPK berharap bisa menumbuhkan karakter seseorang yang berintegritas sejak dini.

Peserta Festival Anak Jujur dibagi menjadi 3 kategori untuk melakukan sosiodrama yaitu Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Festival ini merupakan upaya KPK dalam menyinergikan 3 pilar lingkungan pendidikan dalam masyarakat umum yaitu sekolah, rumah, dan lingkungan agar aware terhadap antikorupsi.

Tag: