Jokowi Perintahkan Seluruh Jemaah Haji yang Pulang ke Tanah Air Wajib Vaksinasi Booster

ERA.id - Presiden Joko Widodo memerintahkan jajarannya untuk memberikan vaksinasi Covid-19 dosis ketiga atau booster kepada seluruh jemaah haji yang kembali pulang ke Tanah Air.

Hal itu disampaikan Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam konferensi pers usai rapat terbatas evaluasi pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM).

"Bapak Presiden memberikan arahan untuk semua jemaah haji yang baru pulang dan belum di-booster, diminta sambil menunggu di asrama haji sebelum dijemput oleh keluarganya, bisa di-booster," kata Budi dikutip dari kanal YouTube Sekretariat Presiden, Senin (18/7/2022).

Budi menjelaskan, vaksinasi booster sangat penting bagi masyarakat untuk melindungi diri dari Covid-19, khususnya subvarian Omicorn BA.4 dan BA.5.

Meskipun subvarian BA.4 dan BA.5 mempunyai kemampuan untuk menembus vaksin, namun setidaknya jika sudah mendapatkan vaksinasi booster diharapkan masyarkat yang terpapar tidak sampai dirawat di rumah sakit atau meninggal.

"Oleh karena itu, Bapak Presiden memberikan arahan agar vaksinasi booster itu dipercepat. Dengan tujuan untuk melindungi masyarakat kalau terkena jangan sampai masuk rumah sakit dan jangan sampai wafat," kata Budi.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan bahwa saat ini kondisi kasus Covid-19 di Indonesia terus meningkat.

Peningkatan kasus masih terjadi secara perlahan dan belum mencapai puncaknya. Airlangga mengungkapkan, mayoritas kenaikan kasus corona terjadi di Pulau Jawa dan Bali.

"Penambahan kasus yang tertinggi masih di Jawa-Bali, merepresentasikan hampir 95 persen," ucap Airlangga.