Jenis Pelembab yang Baik untuk Mengatasi Kulit Kering

| 05 Nov 2022 07:30
Jenis Pelembab yang Baik untuk Mengatasi Kulit Kering
Pelembab yang baik untuk kulit kering (Pexel.com/Moose Photos)

ERA.id - Kulit kering merupakan suatu kondisi yang tidak bisa disepelekan, karena mengganggu kesehatan dan bahkan penampilan. Untuk mengatasi kulit kering, perlu menggunakan pelembab yang tepat.

Spesialis Dermatologi dan Venereologi, dr. Amelia Setiawati Soebyanto, Sp. DV, mengatakan bahwa pelembab yang cocok untuk setiap orang berbeda-beda. Penggunaan pelembab untuk kulit kering disesuaikan dengan keadaan dan kebutuhan tiap pasien.   

"Pelembab itu ada macam-macam. Tidak semua pelembab itu sesuai untuk satu jenis kulit yang sama. Jadi, pelembab itu ada yang sifatnya mengisi kekurangan kulit, menutupi kulit supaya nggak dehidrasi kulitnya," ujar dokter Amelia, saat virtual media gathering, pada Kamis (3/11/2022).

"Jadi, untuk kulit keringnya pun, kita sesuaikan lagi. Ada yang bisa diberikan mengandung urea, atau vaseline juga boleh," tambahnya.

Namun, jenis pelembab yang direkomendasikan di atas juga tidak sepenuhnya aman, karena mengandung banyak bahan lain di dalamnya. Jika tidak cocok, penderita kulit kering akan mengalami gejala yang lebih serius lagi.

"Tapi kembali lagi, pelembab yang mengandung urea tidak semuanya aman. Ada pengawet, ada bahan-bahan tambahan di dalamnya, yang kadang kalau tidak cocok malah akan menimbulkan iritasi (kulit)," tuturnya.

Dokter Amelia mengingatkan jika ingin melakukan penanganan kulit kering di rumah, usahakan gunakan pelembab yang memang dikhususkan untuk kulit sensitif. Namun, jika penanganan sendiri tidak membuahkan hasil, lebih baik segera konsultasi ke dokter spesialis kulit.

"Itulah sebabnya jika ingin melakukan penanganan (kulit kering) di rumah selama beberapa hari, boleh mencari pelembab untuk kulit sensitif. Tapi jika tidak membaik, atau makin parah timbul gatal segera konsultasikan," tutup dokter Amelia.

Rekomendasi