Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari dengan Cepat dan Mudah

| 27 Aug 2023 08:00
Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari dengan Cepat dan Mudah
Ilustrasi wanita mengalami kulit terbakar Matahari (pixabay)

ERA.id - Anda disarankan menggunakan sunscreen saat beraktivitas luar ruangan agar tidak mengalami kulit terbakar (sunburn). Selain mengganggu penampilan, kulit terbakar menimbulkan iritasi dan rasa perih.

Jika terlanjur sunburn, Anda tak perlu panik. Segera lakukan langkah-langkah mengatasi kulit terbakar Matahari agar kondisi kulit tidak semakin buruk. Perawat kulit terbakar Matahari tidak sulit. Berikut ini Era.id sampaikan tips-tips untuk mengatasi sunburn.

Ilustrasi berendam air dingin untuk mengatasi kulit terbakar Matahari (pexels)

Cara Mengatasi Kulit Terbakar Matahari

1.  Kompres air dingin

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk meredakan kulit terbakar Matahari adalah mengompres bagian kulit tersebut menggunakan air dingin. Caranya adalah membasahi handuk dengan air dingin kemudian jadikan sebagai alat mengompres. Kompres bagian yang terbakar selama 10 hingga 15 menit.

Selama masih terasa perih, lakukan hal tersebut 2 kali sehari. Hentikan pengompresan saat bagian kulit yang terbakar Matahari sudah tidak perih atau ruam kemerahannya hilang.

2.  Mandi air dingin

Anda bisa mempercepat pemulihan dengan mandi menggunakan air dingin. Anda juga bisa berendam di air dingin jika ingin mendapatkan sensasi segar yang lebih lama. Sebaiknya Anda tidak mandi menggunakan air hangat, apalagi panas, selama kulit yang terbakar belum pulih sepenuhnya.

3.  Krim pelembap

Salah satu gejala awal kulit terbakar Matahari adalah perubahan warna kulit menjadi kemerahan. Ruam tersebut akan terasa perih. Lambat laun, bagian tersebut akan berubah menjadi kulit kering.

Gunakan krim pelembab kulit untuk mencegah kulit Anda menjadi kering. Anda bisa memilih krim pelembab berbentuk gel sebab jenis ini punya manfaat mendinginkan bagian yang terbakar Matahari.

4.  Lidah buaya

Anda tidak hanya bisa meredakan kulit terbakar Matahari menggunakan krim pelembab. Jika ingin cara tradisional yang alami, gunakanlah tanaman lidah buaya. Tanaman ini bisa meredakan iritasi akibat sunburn.

Cara mengaplikasikannya adalah ambil bagian gel dari lidah buaya. Kemudian, oleskan gel tersebut pada bagian kulit yang terbakar. Selain terasa dingin, gel lidah buaya memberikan efek menenangkan sehingga kulit terhindar dari iritasi yang lebih parah.

5.  Jangan gunakan produk beralkohol

Selama kulit Anda belum sembuh sepenuhnya dari kondisi terbakar Matahari, hindari produk skincare atau bodycare yang mengandung alkohol. Alkohol dalam produk tersebut bisa menyebabkan reaksi iritasi saat terkena bagian kulit yang terbakar Matahari.

6.  Banyak minum air putih/mineral

Kulit terbakar Matahari tidak hanya berdampak pada kulit. Anda juga bisa mengalami dehidrasi. Oleh sebab itu, Anda perlu memperbanyak minum air putih atau air mineral untuk mengganti cairan tubuh yang hilang. Selain cegah dehidrasi, minum air putih yang cukup berpengaruh pada pemulihan kulit terbakar.

7.  Lakukan langkan pencegahan

Kulit Anda akan sembuh setelah melakukan tips mengatasi kulit terbakar Matahari. Ketika kulit Anda sudah sehat lagi, lakukan langkah pencegahan agar sunburn tidak terjadi lagi. Beberapa hal yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan sunscreen, penutup kepala, dan pakaian tertutup saat beraktivitas di luar ruangan.

Rekomendasi