Perlukan Mengaplikasikan Sunscreen saat Pakai Masker? Begini Jawaban Dokter Kulit

| 15 Feb 2023 09:00
Perlukan Mengaplikasikan Sunscreen saat Pakai Masker? Begini Jawaban Dokter Kulit
Ilustrasi wanita (Foto: Freepik/gpointstudio)

ERA.id - Penggunaan sunscreen belakangan ini kerap terabaikan lantaran penggunaan masker selama pandemi. Kebanyakan orang memilih untuk tidak lagi memakai sunscreen karena merasa sudah terlindungi dengan masker. 

Dengan adanya himbauan dari pemerintah untuk menggunakan masker membuat masyarakat melupakan penggunaan sunscreen. Alasannya karena wajah sudah tertutup oleh masker. 

Pasti ada beberapa orang yang merasa kebingung, haruskah menggunakan sunscreen saat memakai masker? Walau sudah memakai masker, tetapi sangat penting bagi kita memakai sunscreen.

Sebab, masker hanya menutupi sebagian kulit kita saja, dan bagian kulit yang tidak tertutupi oleh masker dapat mengalami kerusakan kulit akibat radiasi sinar matahari. 

Dokter spesialis dermatologi (kulit), dr. Srie Prihianti, SpKK (K), PhD,FINSDV,FAADV mengungkapkan penggunaan masker tergantung dari warna dan kondisi kain tersebut.

"Masker itu tergantung, kalau kain yang general. Itu tergantung satu warnanya, kedua kekerapan dari anyaman, ketiga kondisi kering atau basah," ujar dr. Srie Prihianti, saat ditemui di Senayan Park, Jl. Gerbang Pemuda, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu (15/2/2023).

Konferensi pers La Roche Posay (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Konferensi pers La Roche Posay (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

Lebih lanjut, dr. Srie Prihianti mengatakan bahwa warna gelap pada kain masker akan memberikan perlindungan surya yang lebih tinggi daripada warna terang. 

"Pada umumnya warna lebih gelap, itu memproteksi lebih kuat. Yang kain lebih kerap seperti jeans, itu proteksi lebih tinggi. Kondisinya basah itu ada proteksi lebih tinggi," katanya.

"Kalau ke pantai, bajunya pengen putih cerah-cerah, kalau putih itu UV-nya nembus. Jadi ada proteksi, warna lebih gelap itu memberikan proteksi," lanjutnya.

Namun, ia menyarankan agar tetap memakai sunscreen walau sudah memakai masker warna gelap. Sebab, sunscreen memberikan segudang manfaat untuk melindungi wajah dari paparan radiasi sinar matahari. 

"Masker proteksinya ada, sehingga bisa menambah. Tetapi tidak bisa menggantikan sunscreennya. Karena sunscreen itu spesifik, ada UV filter bisa menyerap sinarnya," tuturnya.

"Kalau kain hanya memantulkan atau menyerap sinar. Misalnya pakai warna gelap, itu terasa lebih panas. Tapi sebenarnya sinarnya keserap nggak sampai kulit," lanjutnya.

Sebelum menggunakan makeup, dr. Srie Prihianti menyarankan jeda penggunaan sunscreen dan skincare adalah 15 menit. Penggunaan skincare lebih dulu untuk diterapkan.

"Penggunaan skincare penyerapan 15 menit kurang lebih, sunscreen itu dipakai paling akhir, sebelum lain-lain. Jadi dikasih jeda segitu (15 menit)," tambahnya.

Rekomendasi