Tips Memilih Sunscreen yang Tepat sesuai Jenis Kulit Sesuai Anjuran Dokter Kulit

| 15 Feb 2023 09:30
Tips Memilih Sunscreen yang Tepat sesuai Jenis Kulit Sesuai Anjuran Dokter Kulit
Ilustrasi perempuan (Foto: Freepik/lookstudio)

ERA.id - Tak hanya serum dan pelembap, memakai sunscreen dalam rutinitas skincare sehari-hari sangat penting dalam melindungi penting serta radikal bebas sinar UV. Sunscreen sangat penting dan tak boleh dilewatkan pemakaiannya setiap hari.

Memilih sunscreen pun tak bisa sembarangan karena setiap produk memiliki kandungan yang berbeda dan mungkin bisa mengiritasi kulit. Lantas, sunscreen seperti apa yang harus dipilih?

Dokter spesialis dermatologi (kulit), dr. Srie Prihianti, SpKK (K), PhD,FINSDV,FAADV mengatakan sunscreen yang dipilih harus memilik kandungan SPF (Sun Protection Factor) dan PA (Protection Grade UVA).

"Yang pertama harus broad spectrum harus ada SPF dan PA. Kedua SPV-nya berapa? Kalau konsesus internasional, itu SPV-nya minumum 30, jadi harus 30 ke atas PA-nya +3 ke atas, itu secara umum," ujar dr. Srie Prihianti, saat ditemui di Senayan Park, Tanah Abang, Jakarta Pusat pada Rabu (15/2/2023).

Konferensi pers La Roche Posay (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)
Konferensi pers La Roche Posay (Foto: Era.id/Adelia Hutasoit)

Tak hanya itu, dr. Srie Prihianti mengatakan pemilihan sunscreen harus sesuai dengan jenis kulit. Apalagi orang Indonesia kebanyakan memiliki kulit sensitif.

"Memilih sesuai tipe kulit. Jadi kita lihat produk sunscreen-nya sesuai atau tidak sama kita. Kini, orang Indonesia makin banyak yang kulitnya sensitif," jelasnya.

"Sedikit-sedikit merah, gatal, ada bereaksi pada pemakaian macam-macam, baik itu skincare maupun makeup. Makanya pilih sunscreen cocok bagi kulit sensitif," lanjutnya.

Lalu, dr. Srie Prihianti menekankan sangat penting untuk memperhatikan cara pemakaian sunscreen yang benar. Hal ini karena banyak orang yang tidak sesuai memakai sunscreen.

"Paling penting adalah cara pakainya. Kalau sudah pilih sunscreen paling bagus, produknya oke, tapi cara pakainya tipis-tipis saja, sekali sehari, tidak mendapatkan proteksi," imbuhnya.

"Jadi sepanjang dua garis jari itu untuk satu area wajah. Bisa satu sendok teh untuk wajah dan leher, dua sendok teh untuk dada dan lain sebagainya. Jumlahnya harus tepat, kalau kurang kita nggak dapat SPV 25, cuma dapat SPV 15 dan itu tidak linear antara jumlah sunscreen dengan proteksinya," lanjutnya.

dr. Srie Prihianti mengatakan sangat penting memilih produk sunscreen yang membuat kita nyaman mengaplikasikan ke wajah.

"Penting banget produk itu nyaman dipakai, SPV dan PA tinggi bukan berarti tidak nyaman dipakai. Kalau nggak nyaman, nggak mungkin mau pakai sebanyak itu. Pakai sunscreen harus kita suka, karena kalau nggak suka nggak akan kita pakai setiap hari," paparnya.

Rekomendasi