Jaga Kulit dan Lingkungan Sehat, 4 Tips Menerapkan Sustainable Beauty

| 03 Feb 2024 22:19
Jaga Kulit dan Lingkungan Sehat, 4 Tips Menerapkan Sustainable Beauty
Ilustrasi Sustainable Beauty (Foto: Freepik/freepik)

ERA.id - Sustainable beauty kini menjadi alternatif yang makin digandrungi, karena dapat merawat kecantikan tubuh sekaligus melestarikan bumi dengan cara mudah dan menyenangkan. 

Movement ini juga didukung oleh berbagai inovasi di industri kecantikan yang kian memperkaya pilihan konsumen untuk mendapatkan produk kecantikan yang ramah lingkungan. 

Sebelum melengkapi skincare regime kamu di tahun 2024, yuk intip 4 tips berikut agar kamu dapat merawat kecantikan diri, sambil mempertahankan kelestarian bumi, dari keterangan resmi WINGS Group.

1. Kesehatan kulit yang terinspirasi dari alam

Kemajuan di industri kecantikan, kini ditandai dengan hadirnya berbagai brand yang mengganti synthetic ingredients dengan bahan alami yang ramah lingkungan, termasuk active ingredients. Melalui kecanggihan teknologi, konsumen dapat merawat kesehatan rambut, kulit, hingga kuku mereka dengan bahan-bahan alami yang dikembangkan tanpa melibatkan uji coba terhadap hewan.

2. Memanfaatkan bahan alami yang diperoleh dengan sustainable farming 

Sustainable beauty juga mengacu pada metode pertanian yang dirancang untuk menjaga keseimbangan ekologi, sosial, dan ekonomi, untuk memproduksi bahan baku produk. Dengan memilih produk kecantikan yang menerapkan sustainable farming atau pertanian berkelanjutan, konsumen dapat merawat kecantikan sekaligus melindungi lingkungan, meningkatkan kesejahteraan sosial, dan memastikan kelangsungan ekonomi untuk para petani.

3. Inovasi melalui eco-friendly packaging

Tidak dipungkiri, kemasan skincare menjadi salah satu kontributor sampah di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, konsep keberlanjutan dalam industri kecantikan kini diwujudkan dalam penggunaan kemasan alternatif yang lebih ramah lingkungan. Tidak sedikit di antaranya juga memberikan benefit bagi konsumen yang mau terlibat dalam upaya brand menerapkan sustainable beauty. 

4. Pemberdayaan industri lokal dan komunitas sekitar

Dengan membeli produk lokal, konsumen secara tidak langsung mengurangi jejak karbon dari transportasi dan produksi jarak jauh, serta memberi dukungan finansial kepada pengusaha dan industri manufaktur lokal. Begitu juga dengan program pemberdayaan komunitas sekitar yang sering dilakukan oleh brand kecantikan, yang dapat merangsang pertumbuhan bisnis lokal dengan menciptakan lapangan kerja. 

Rekomendasi