Dokter Kulit Ungkap Perawatan yang Wajib Dilakukan Sebelum Tidur

Tim Editor

Ilustrasi wanita (Foto: Freepik/kitthanes)

ERA.id - Memiliki kulit yang cantik dan bersinar adalah idaman setiap wanita. Kulit yang terpapar sinar matahari dan debu menyebabkan kulit menjadi kering dan kusam.

Untuk mendapatkan kulit yang bersih dan berseri tentu tidaklah mudah. Kita harus melakukan beberapa perawatan untuk meremajakan kulit. Tak hanya siang hari, perawatan kulit di malam hari sangat penting dilakukan, terutama sebelum tidur.

Dilansir dari Byrdie pada Senin (3/8), empat dermatologis membagikan perawatan kecantikan dan rekomendasi dari dokter kulit yang bisa kamu terapkan di malam hari. Berikut ritual yang wajib dilakukan sebelum tidur:

1. Membersihkan Wajah

Woman Washing Her Face With Water

Ilustrasi wanita (Foto: Pexels/Vitória Santos)

Dokter kulit menyarankan agar membersihkan wajah di malam hari memiliki peran penting utama untuk mendapatkan hasil kulit yang bersinar. Kamu juga harus memastikan seluruh debu, makeup, atau kotoran di kulit benar-benar hilang. Kamu juga harus memperhatikan kandungan pembersih yang digunakan. Pendiri Capital Laser dan Skin Care Dermatologis di Winconsin, dr. Nancy Samolitis, menyukai pembersih wajah seperti Cetaphil dan Cerave

2. Menggunakan Perawatan Anti Penuaan 

Dokter kulit menanggapi serius mengenai perawatan anti-aging atau anti penuaan. Sebab, mereka menggunakan bahan-bahan dengan kandungan retinol, asam glikolat, dan antioksidan.

Dokter kulit Beverly Hills Lisa Chipps, menggunakan serum retinol, untuk meningkatkan produksi kolagen, dan memperbaiki kulit akibat sinar matahari. Sementara, dermatologis Manhattan Dermatology and Cosmetic Surgery, Dendy Engelman, merekomendasikan produk Prevage Daily Anti-Aging Serum dari Elizabeth Arden.

3. Jadikan Mata dan Bibir Sebagai Prioritas

Cute beautiful natural brunette girl cleaning face with cotton sponge smiling looking at camera over white background. cosmetology and spa. Free Photo

Ilustrasi wanita (Foto: Freepik/cookie_studio)

Ahli dermatologi mengatakan jika seseorang memasuki umur 30-an, itu berarti kulit halus di sekitar mata dan bibirmu membutuhkan 'asupan' tambahan. Pada area perawatan mata, dokter kulit dari Beverly Hill, Lisa Chipps, kerap menggunakan RoC's Retinol Correxion Eye Cream. Sementara bagian bibir, kamu bisa menggunakan apapun yang bisa memberikan kelembapan pada bibir.

4. Jangan Pernah Melupakan Bagian Leher

Perawatan kulit tak selalu bagian wajah, kamu jangan melupakan bagian lehermu. dr. Elizabeth Tanzi mengatakan perawatan leher yang sering terlewat bisa membuatmu tampak tua. 

"Leher adalah area yang sering terabaikan dan salah satu tempat yang bisa mengungkapkan usia," kata Elizabeth.

Elizabeth merekomendasikan beberapa kandungan yang bagus untuk merawat kulit leher.

"Asam hialuronat untuk hidrasi, campuran ekstrak buah untuk meningkatkan pengelupasan kulit. Selanjutnya, kandungan willow putih bisa menghasilkan asam salisilat, dan vitamin B5," jelasnya. 

5. Gunakan Pelembab 

Skin care Free Photo

Ilustrasi wanita (Foto: Freepik/pressfoto)

Sama seperti pembersih, pelembab sangat penting untuk menjaga kelembapan kulit. Ketika kamu memakai pelembap, wajahmu tak akan kering dan kusam, serta terjaga kelembapannya. Selain itu, kamu bisa menggunakan serum atau krim mata sebagai rutinitas yang dilakukan sebelum tidur di malam hari. 

Tag: kesehatan kecantikan

Bagikan: