Basic Skincare Pria yang Direkomendasikan dan Dapat Diterapkan

| 27 Jul 2024 20:00
Basic Skincare Pria yang Direkomendasikan dan Dapat Diterapkan
Ilustrasi skincare pria (Unsplash)

ERA.id - Dalam perawatan kesehatan kulit, treatment yang dilakukan tidak hanya dilakukan oleh perempuan saja, pria pun dapat menjalani perawatan kulit. Terlebih untuk saat ini, dengan bermacam-macam aktivitas dan cuaca yang tidak menentu, wanita dan pria harus menjaga kesehatan kulitnya. Minimal, memahami urutan basic skincare pria.

Sebab masih banyak pria yang menganggap remeh perawatan kulit, sebab menganggap bahwa perempuan yang perlu merawat wajah. Padahal, kesehatan kulit akan lebih terjaga dengan perawatan.

Lantas apa saja basic skincare pria untuk perawatan kulit, terutama kulit wajah? Simak penjelasannya di bawah ini.

Urutan Basic Skincare Pria

Laki-laki juga perlu menjalani perawatan untuk kulitnya, khususnya kulit wajah. Basic skincare pria harus dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit, agar dapat mencegah terjadinya penuaan dini atau pun mencegah terjadinya kulit yang kusam, berjerawat, atau infeksi kulit yang lain.

Mengutip buku Inovasi untuk Negeri: 24 Tahun FTP Mengabdi, Imam Santoso, Mokhamad Nur, Wike Agustin Prima Dania, Inggit Kresna Mahasih, Rhytia Ayu Christianty Putri (2022:22), Skincare adalah rangkaian produk perawatan wajah, antara lain toner, face mist, face mask, facial wash, day cream dan serum.

Skincare juga menjadi pilihan sebuah rangkaian perawatan kulit dengan memanfaatkan produk-produk tertentu dalam merawat kesehatan kulit wajah.

Tidak seperti perawatan wajah wanita, basic skincare untuk pria lebih sederhana, meskipun ada tahap-tahap yang harus dijalani secara berurutan.

Di bawah ini adalah urutan basic skincare pria, khususnya bagi pemula yang berniat ingin merawat wajah pertama kali.

Ilustrasi basic skincare pria (Ron Lach/Pexels)

Mencuci Wajah

Ini adalah urutan pertama dalam merawat wajah dan wajib dilakukan setiap hari. Anda dapat mencuci kulit wajah, di pagi hari setelah bangun tidur, dan pada malam hari sebelum tidur. Dalam sehari, Anda dapat mencuci wajah minimal dua kali dalam sehari.

Menggunakan Toner

Setelah Anda membersihkan dan mencuci kulit wajah, sebaiknya Anda menggunakan toner untuk kulit wajahnya agar kulit tetap lembap dan segar.

Aplikasikan Serum

Langkah selanjutnya yaitu memberikan face serum, untuk memberikan nutrisi pada kulit. Bagi yang memiliki masalah kulit, sangat penting menggunakan serum setiap harinya.

Menggunakan Moisturizer

Setelah Anda aplikasikan serum di kulit wajah, jangan lupa, tidak boleh tidak, harus memanfaatkan moisturizer yang fungsinya melembapkan wajah agar terhindar dari permasalahan kulit.

Menggunakan Sunscreen

Sunscreen atau tabir surya adalah produk terakhir yang Anda gunakan dalam urutan basic skincare pria. Sebelum beraktivitas, gunakan sunscreen di pagi hari dan gunakan kembali setiap 4 jam sekali, untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari dan juga polusi.

Membersihkan Wajah atau Cleanser

Tahapan ini adalah awal dari basic skincare, sebab membersihkan wajah sebelum tidur dan sebelum beraktivitas merupakan bagian utama. Terlebih bagi pria yang aktif, setelah seharian beraktivitas in door ataupun outdoor, membersihkan wajah sebelum tidur sangat penting untuk diterapkan.

Nah, demikianlah ulasan tentang urutan basic skincare pria yang dapat diterapkan. Semoga informasi ini bermanfaat.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi