3 Tren Kecantikan Paling Viral di TikTok, Tapi Ada Bahaya Mengintai di Baliknya

| 15 Aug 2020 19:30
3 Tren Kecantikan Paling Viral di TikTok, Tapi Ada Bahaya Mengintai di Baliknya
Tren Beauty di TikTok (Foto: TikTok/@skincarebyhyram)

ERA.idSaat ini TikTok menjadi platform media sosial yang menyebarkan challenge, video komedi, memasak, cerita, review film, hingga tren beauty. Ada pun tren beauty yang menghadirkan beberapa hacks dan tips.

Ada pun pengguna TikTok yang mencetuskan tren beauty yang terbilang berbahaya. Jangan karena viral, kamu jadi ikutan yang jelas-jelas bisa berdampak bagi kesehatan kulitmu. Berikut tren beauty di TikTok yang berbahaya:

1. 15 Minutes Cleansing Oil/Balm

ESTHETICIAN APPROVED: OIL CLEANSING GUIDE FOR ALL SKIN TYPES ...

Ilustrasi Tren 15 Minutes Cleansing Oil/Balm (Foto: YouTube/LaBeautyologist – The Golden Rx)

Tantangan viral ini bermula dari akun Opulentjade yang membagikan pengalamannya saat mengangkat komedo dengan cleansing oil. Lewat akun TikTok @Opulentjade ia menunjukkan kumpulan "oil plugs" yang keluar dari pori-pori wajahnya usai melakukan cleansing selama 15 menit. 

Ia menggosok-gosok terus wajahnya dengan cleansing balm/oil, sampai ada partikel-partikel lunak, berminyak, dan berwarna kehitaman yang keluar. Sayangnya, tantangan ini berbahaya yang bisa mendatangkan bakteri masuk ke kulit. 

Selain itu, bagi kamu yang memiliki kulit sensitif cara ini bisa membuat wajahmu iritasi. Jika salah menggunakannya, bisa memicu masalah kulit yang lain kedepannya, seperti jerawat atau peradangan.

2. Bleaching Vagina

AmbeienIlustrasi Tren Bleaching Vagina (Foto: Pexels/Mary)

Ada-ada saja yang dilakukan wanita untuk membuat vaginanya terlihat menggairahkan. Ada satu tren di Tiktok bernama bleaching vagina dengan tagar #skinbleaching. Bagi yang tertarik untuk mengikuti tren ini nantinya harus menggunakan baking soda, almond oil, hingga lemon.

Katanya, kegiatan ini supaya vaginanya terlihat lebih cerah. Tentu ini sangat membahayakan karena bisa menimbulkan iritasi bagian vagina. Sebenarnya sangat mudah untuk mencerahkan warna kulit vagina. Kamu hanya perlu gunakan celana dalam berbahan katun, menjaga berat badan, dan hindari penggunaan krim pencabut bulu atau bedak talc di area vagina.

3. Cat Latex sebagai Face Mask

Screen Shot 2020-08-12 at 16.47.27Ilustrasi Tren Cat Latex sebagai Face Mask (Foto: TikTok/@skincarebyhyram)

Saat ini cat latex sebagai face mask jadi viral di TikTok. Bahkan ada yang menggunakan sampai 2 layer cat latex sebagai face mask karena merasa masker tersebut kurang tebal. Setelah kamu melepas masker, hasilnya susah dihapus, iritasi parah, hingga keluar bintik-bintik merah di wajah.

Tanpa harus mengikuti tren beauty konyol seperti itu, kamu bisa memakai face mask sendiri di rumah. Salah satunya adalah bengkoang yang kaya vitamin B dan C yang berperan untuk memutihkan wajah dan menjaga kulit tetap bersinar setiap saat.

Parut bengkoang hingga lembut. Lalu, Peras dengan menggunakan air dan gunakan sarinya sebagai masker. Diamkan selama 20 menit, dan bilas dengan air bersih. Jangan lupa, untuk selalu gunakan secara rutin.

Rekomendasi