Bisa Mengancam Nyawa, 3 Cara Mengetahui Produk Kosmetik yang Mengandung Merkuri

| 10 Sep 2021 20:15
Bisa Mengancam Nyawa, 3 Cara Mengetahui Produk Kosmetik yang Mengandung Merkuri
Hindari produk kosmetik merkuri (Foto: Unsplash.com/raphael)

ERA.id - Bagi para pengguna kosmetik, pastinya sudah tidak asing dengan kata merkuri. Merkuri merupakan jenis logam yang banyak ditemukan di batu-batuan, biji tambang, air, udara, dan lainnya.

Selain itu, merkuri sangat populer menjadi kandungan dalam produk kecantikan atau perawatan wajah karena bisa membuat kulit lebih cerah hanya dalam waktu singkat. Namun, nyatanya senyawa ini sangat berbahaya bagi tubuh dan bahkan bisa mengancam nyawa jika digunakan secara terus menerus meskipun dalam jumlah yang sedikit.

Demi keamanan diri, setiap orang pengguna produk kosmetik harus mengetahui ciri-ciri produk yang mengandung merkuri agar bisa menghindarinya. Bagaimana caranya? Simak langsung di bawah ini.

1. Perhatikan izin BPOM

Sebelum membeli produk kosmetik, kamu harus memperhatikan apakah produk tersebut sudah mendapatkan izin edar dari BPOM atau belum. Meski sudah dapat, terkadang ada produk yang menggunakan kode BPOM palsu. Maka, kamu juga perlu melakukan pengecekan nomor BPOM produk di website resmi.

"Pertama tadi itu BPOM. Tapi kadang-kadang ada kosmetik abal-abal BPOM nya itu gak jelas. Jadi kita harus ngecek juga ke website resmi BPOM," ujar dermatovenereologist, Dr.dr. Nenden Sobarna SpKK, FINSDV, saat webinar "Merkuri Musuh dalam Selimut".

2. Bentuk fisik dan bau produk

Hindari produk kosmetik merkuri (Foto: Unsplash.com/content)

Usai izin BPOM, perhatikan juga bentuk fisik dan bau dari produk kosmetik yang ingin dibeli. Produk yang mengandung merkuri cenderung lengket karena merkuri tidak bisa larut dalam air. Selain itu, wangi produk yang tidak wajar juga bisa menandakan produk itu menggunakan merkuri.

"Dari fisiknya, dia lengket tidak. Karena tidak larut dalam air merkuri itu, pasti krimnya agak lengket. Baunya menyengat, kadang dikasih pewangi yang nyaman, padahal kalau dikasih pewangi pasti ada sesuatu. Warnanya keabuan, kekuningan, atau ada bintik-bintik bling-bling," jelas dr. Nenden.

3. Terdapat larangan kontak dengan emas pada produk

Hal lainnya yang perlu diperhatikan sebelum membeli produk kosmetik adalah larangan penggunaan atau penyimpanannya. Jika ditulis larangan jangan kontak dengan emas atau perhiasan, maka produk tersebut mengandung merkuri.

"Juga misalnya di situ ditulis jangan kontak bahan perhiasan atau emas, itu pasti ada merkurinya. Karena kalau ada kontak, bahan emas atau perhiasannya itu akan menghitam, itu efek merkurinya," lanjut dr. Nenden.

Demikian beberapa cara mengetahui produk kosmetik yang mengandung bahan merkuri. Yuk, catat caranya dan terapkan sebelum membeli produk kosmetik, ya!

Rekomendasi