Inilah 4 Kandungan Skincare yang Ampuh Melawan Jerawat dalam Sekejap

| 22 Jul 2022 11:00
Inilah 4 Kandungan Skincare yang Ampuh Melawan Jerawat dalam Sekejap
Ilustrasi jerawat (Foto: Freepik/user18526052)

ERA.id - Kehadiran jerawat di wajah memang menjadi masalah pelik untuk dihadapi semua orang. Tenang saja, banyak produk kecantikan menyediakan skincare bagi kulit jerawat. Meski begitu, kamu harus tepat memilih skincare yang cocok untuk kulitmu.

Jika kamu tak memperhatikan kandungan skincare, justru hal ini malah membuat jerawat makin parah. Sebaiknya, kamu mengenali dulu kandungan skincare untuk mengatasi jerawat.

Berikut 4 kandungan skincare yang ampuh melawan jerawat berdasarkan penjelasan dari dokter kecantikan Danar Wicaksono dalam acara virtual Garnier Skincare Masterclass Vol.02 #DRAWAT (Drama Jerawat) pada Kamis (21/7/2022).

1. Salicylic acid

Dokter Danar mengatakan jerawat muncul karena penyumbatan dan peradangan di pori-pori wajah. Kandungan salicylic acid adalah bahan umum yang terkandung di dalam obat jerawat. Kandungan ini merupakan asam beta hidroksi (BHA) yang larut dalam minyak. Bekas jerawat dan bintik hitam membandel akan tersamarkan.

"Jerawat terbentuk dari sumbatan minyak. Makanya, kita cari skincare mengeluarkan sumbatan itu. Kita lihat kandungan Salicylic acid memang membuka sumbatan. Jadi, sekali membuka muara sumbatan, ini akan menghilangkan (bekas) kehitaman tadi," ujar Dokter Danar Wicaksono.

2. AHA

Belakangan ini, skincare kandungan Alpha Hydroxy Acid (AHA) memang cukup populer dan banyak dicari. Dalam prosesnya, AHA akan membantu proses pengelupasan kulit bagian luar. Sehingga, mempercepat pertumbuhan sel-sel kulit baru. Akan tetapi, AHA sebaiknya digunakan usai jerawat meradang sudah mulai ada perubahan sembuh.

3. Niacinamide

Kandungan Niacinamide (Foto: Acara virtual Garnier Skincare Masterclass Vol.02 #DRAWAT (Drama Jerawat)
Kandungan Niacinamide (Foto: Acara virtual Garnier Skincare Masterclass Vol.02 #DRAWAT (Drama Jerawat)

Dokter Danar Wicaksono mengatakan kandungan niacinamide sangat efektif untuk mengatasi jerawat bagi pemilik kulit berminyak. Hal ini karena kandungan tersebut mempunyai sifat inflamasi, sehingga membasmi bakteri dari jerawat hingga meredakan kemerahan yang meradang.

"Kita membutuhkan kandungan yang buat mencerahkan kulit. Ya, kandungan niacinamide sangat berpengaruh, ibaratnya kecil-kecil cabe rawit. Karena kecil ini bisa membasmi jerawat," kata Dokter Danar Wicaksono.

"Ini bisa membasmi meradang dan mengurangi peradangan jerawatan. selain itu, bisa menjinakkan pengeluaran minyak supaya lebih sedikit," lanjutnya.

4. Vitamin C

Vitamin C bersifat anti inflamasi, sehingga bisa membantu mengurangi kemerahan dan pembengkakan yang diakibatkan oleh jerawat dan membantu mengontrol produksi sebum (minyak) di dalam kulit. Ia juga menyarankan pemilik kulit jerawat selalu memakai skincare.

"Ada vitamin C yang mengurangi kemerahaan. Temen-teman kalau kurang mantap bisa pakai sunscreen, kalau mau menggunakan pada siang hari." jelas Dokter Danar Wicaksono.

Rekomendasi