Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Jerawat, Ini Daftarnya

| 07 Jan 2024 18:32
Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Jerawat, Ini Daftarnya
Ilustrasi penggunaan skincare. (Polina Kovaleva/Pexels)

ERA.id - Jerawat merupakan salah satu gangguan kesehatan kulit yang dialami seseorang ketika folikel mengalami penyumbatan oleh minyak dan sel kulit mati. Kemunculan jerawat bisa di berbagai bagian tubuh, tetapi jerawat yang muncul di bagian wajah seringkali menimbulkan rasa tidak nyaman dan gangguan kesehatan yang lain. Salah satu cara untuk menangani hal ini adalah pemakaian skincare. Ada beberapa kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat. Simak penjelasan di bawah ini.

Kandungan Skincare untuk Menghilangkan Jerawat

Salah satu cara mengatasi jerawat yang cukup ampuh yaitu dengan menggunakan skincare yang tepat. Namun, Anda juga harus memastikan produk skincare yang Anda gunakan bisa cocok untuk jenis kulit Anda. Hal ini perlu diketahui untuk menghindari risiko jerawat yang semakin memperburuk dan menimbulkan bermacam-macam gangguan kesehatan kulit lainnya.

Ilustrasi (Karolina Grabowska/Pexels)

Di bawah ini adalah kandungan nutrisi skincare untuk kulit berjerawat, antara lain:

Salicylic Acid

Salicylic acid atau yang dikenal sebagai asam salisilat merupakan salah satu kandungan nutrisi skincare yang kerap kali digunakan untuk menangani kulit yang berjerawat. Kandungan nutrisi ini memiliki fungsi untuk membuka pori-pori yang tersumbat dan membuang sel kulit mati.

Hal ini dikarenakan salicylic acid mempunyai sifat anti inflamasi dan anti bakteri. Selain itu, salicylic acid juga berguna sebagai exfoliant, yang bisa mengangkat sel kulit mati.

Pastikan Anda menggunakan salicylic acid secara tepat. Kandungan nutrisi skincare ini dapat menimbulkan efek samping jika penggunaannya tidak sesuai, mulai dari iritasi, kulit kering, serta sensasi panas pada kulit.

Niacinamide

Niacinamide mengandung sifat anti inflamasi. Jerawat yang meradang kadang-kadang mengakibatkan jaringan parut pada kulit saat jerawat pulih. Niacinamide juga dapat mengurangi peradangan yang terjadi pada jerawat dan memulihkan jerawat tanpa menimbulkan bekas jerawat.

Bahkan, penggunaan niacinamide yang tepat dapat membantu Anda untuk memperbaiki tekstur kulit yang mulai rusak karena jerawat. Niacinamide juga berfungsi untuk mengurangi kadar minyak pada kulit sehingga jerawat bisa dikendalikan dengan baik.

Centella Asiatica

Kandungan nutrisi skincare ini sudah lama difungsikan untuk memberikan perawatan kulit yang berjerawat. Centella asiatica mempunyai beberapa kandungan yang diyakini efektif mengatasi permasalahan jerawat, antara lain:

  • Asiatic Acid. Kandungan ini termasuk antioksidan dan mempunyai sifat antiinflamasi. Kandungan ini direkomendasikan untuk mengurangi peradangan pada jerawat.
  • Asiaticoside. Kandungan ini berguna untuk meningkatkan penyembuhan luka yang disebabkan jerawat, meningkatkan sintesis kolagen, dan mempunyai sifat anti inflamasi sehingga mampu membuat kulit yang kemerahan akibat jerawat menjadi kembali tenang.

Witch Hazel

Witch hazel mengandung zat tanin di dalamnya yang bersifat antioksidan. Witch hazel dapat difungsikan untuk mengatasi noda bekas jerawat yang ada pada kulit.

Ceramide

Kandungan ini membantu menjaga kelembapan kulit sehingga jerawat tidak semakin memburuk dan iritasi. Ceramide menjadi salah satu kandungan nutrisi skincare yang sangat aman untuk kulit. Namun, Anda dapat mencoba menjalankan tes efek samping dalam kandungan ini dengan langkah berikut:

  • Oleskan skincare dengan kandungan ceramide pada bagian lengan bawah.
  • Tunggu selama 24 jam.
  • Jika lengan yang dioleskan kandungan ini mengalami gatal, iritasi, kemerahan, sebaiknya segera bersihkan dan hindari pemakaian ceramide.
  • Jika tidak dirasakan tanda-tanda iritasi atau kemerahan, artinya kandungan ini aman untuk digunakan.

Demikianlah penjelasan tentang kandungan skincare untuk menghilangkan jerawat. Hal penting yang perlu diperhatikan bagi Anda yang sedang hamil atau menyusui, sebaiknya berhati-hati dalam menggunakan produk skincare.

Ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu mau tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman…

Rekomendasi