Profil Ramadhan Sananta, Bintang Muda PSM Makassar yang Dipanggil Timnas Indonesia

| 19 Sep 2022 09:39
Profil Ramadhan Sananta, Bintang Muda PSM Makassar yang Dipanggil Timnas Indonesia
Ramadhan Sananta (Antara)

ERA.id - PSM Makassar tak habis mencetak bibit muda yang unggul. Setelah Asnawi Mangkualam, kini muncul nama Ramadhan Sananta. Sepak terjangnya di Pasukan Ramang, cukup mentereng.

Mencetak gol dalam pertandingan penting seperti saat melawan Persib Bandung dan Persebaya, membuat Sananta mau tidak mau dilirik Shin Tae-yong.

Terpenting, pantauan ERA dalam beberapa pertandingan, cara Sananta menempatkan posisi dan membuka ruang bagi tim, membuat banyak fans sepak bola di Tanah Air, mengacungi jempol kepadanya. Lalu siapa sebenarnya Sananta itu?

Profil singkat

Muhammad Ramadhan Sananta lahir di Daik, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepri, tanggal 27 November 2002. Ia memiliki tinggi badan 182 centimeter dan berposisi sebagai penyerang.

Perjalanan karier Sananta bermula dari kasta terendah sepak bola Indonesia, yakni Liga 3. Dia bergabung dengan PS Harjuna Putra untuk musim 2021-2022 sebelum pindah ke Persikabo 1973 pada Januari 2022.

Saat ini, Sananta meniti karir di klub PSM Makassar dan bermain di kompetisi BRI Liga 1 tahun 2022-2023.

Di bawah Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares, pemain bernomor punggung 9 itu langsung menampilkan performa impresif dengan membukukan tiga gol dari tujuh kali penampilannya di Liga 1.

Kini ia resmi bergabung di Timnas Indonesia berdasarkan surat pemanggilan resmi PSSI Nomor 3784/AGB/543/IX-2022 tertanggal 13 September 2022. Tidak hanya Sananta, rekan satu klubnya, Yakob Sayuri juga mendapat panggilan yang sama dari PSSI.

Kedua punggawa PSM Makasar itu dipanggil PSSI untuk mengikuti rangkaian kegiatan Timnas Sepakbola Putra Indonesia yang akan melakukan pertandingan FIFA ‘A’ Match menghadapi Curacao pada tanggal 24 September dan 27 September 2022 di Bandung dan Bogor.

Rekomendasi