Welin Kusuma Pemilik Gelar Akademik Terbanyak di Indonesia, Apa Pekerjaannya?

Tim Editor

Wulin Kusuma

ERA.id - Memiliki banyak gelar akademik merupakan mimpi banyak orang. Selain karena menambah ilmu dan wawasan, sebagian orang yakin bahwa memiliki banyak gelar akan menjamin karier kita. Di Indonesia ada seorang pria bernama Welin Kusuma yang memiliki 37 gelar dengan beberapa gelar master. Namun, apa pekerjaan Welin?

Welin sendiri memulai kuliah pada tahun 1999 di Teknik Industri Universitas Surabaya (Ubaya) dan beberapa universitas besar di Surabaya lainnya. 

Ia lahir di Makassar, 8 Maret 1981 dan menghabiskan masa kecil dan remaja di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Saat kuliah di Ubaya, Welin pun mulai menjalani kuliah lain di beberapa kampus berbeda, mulai tahun 2001. Selain di Ubaya, ia juga berkuliah di STIE Urip Sumoharjo, Universitas Terbuka, Universitas Airlangga, Sekolah Tinggi Teknik Surabaya, dan Universitas Kristen Petra.

Semuanya pada jenjang S1 di bidang manajemen, administrasi bisnis, hukum, teknik informatika, bahasa Inggris, administrasi publik, statistika, dan akuntansi.

Tak cukup S1, Welin pun juga mengambil beberapa program magister. Ia telah mendapatkan S2 dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (teknik industri) dan Universitas Airlangga (manajemen dan kenotariatan). 

Tak berhenti di S2, Welin menempuh lebih banyak lagi pendidikan profesional, antara lain meliputi perencana keuangan, brand development, manajemen produk, konsultan pajak, sumber daya manusia, hingga akuntan.

Apabila nama lengkapnya ditulis dengan seluruh gelarnya, kurang lebih mungkin akan tertulis: Welin Kusuma, ST, SE, S.Sos, SH, S.Kom, SS, SAP, S.Stat, S.Akt, MT, MSM, Mkn, RFP-I, CPBD, CPPM, CFP, Aff.WM, BKP, QWP, CPHR, ICPM, AEPP, CBA, CMA, dan masih banyak lagi. 

Gelar-gelar inilah yang kemudian mengantarkan Welin menerima penghargaan rekor dari Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai peraih gelar multidisiplin terbanyak.

Apa pekerjaan Welin?

Welin juga pernah menempuh 111 SKS dalam satu semester yang mengantarkannya meraih rekor MURI kedua.

Dilihat dari profil Linkedin miliknya, Welin sudah memiliki total 37 gelar dan tampaknya tidak akan berhenti sampai situ saja mengingat di tahun 2021 ini dirinya juga mengambil pendidikan di Alibaba Cloud Academy.

Namun, meskipun gelar Welin sangat banyak dan sampai masuk rekor MURI, dirinya tetap mengakui bahwa bidang yang jadi spesialisasinya adalah bidang keuangan dan alasan mengapa dirinya begitu rajin sekali untuk menempuh banyak jurusan kuliah bisa dibilang sederhana yaitu karena Welin hobinya adalah belajar. Jadi lantas pertanyaannya adalah apa pekerjaan seorang Welin?

Profil Linkedin milik Wulin Kusuma.

Dilihat dari akun Linkedin miliknya, Welin memiliki sejarah yang cukup lama di perusahaan rokok PT. HM Sampoerna Tbk. yang di mana dirinya telah bekerja sejak tahun 2010 sampai sekarang dan mengisi beberapa posisi jabatan macam Hand-Rolled System Coordinator sampai dengan Financial Analyst. 

Selain bekerja di Sampoerna, tampaknya Welin juga sudah mendirikan kantor konsultan pajak miliknya sendiri sejak tahun 2019.

Tag: Wulin Kusuma Profil Wulin Kusuma gelar akademik

Bagikan: