Profil Mang Oded, Politisi PKS dan Wali Kota Bandung yang Meninggal pada Hari Jumat

Tim Editor

Wali Kota Bandung Oded M Danial (Instagram Oded)

ERA.id - Wali Kota Bandung Oded M Danial meninggal dunia pada Jumat sekitar pukul 12.00 WIB ini. Kepergiannya menyisakan duka, termasuk kepada Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kang Emil sendiri, saat menyalatkan jenazah sahabatnya itu, tak bisa menyembunyikan kesedihan. Ia bersaksi, Mang Oded adalah orang yang saleh.

Mang Oded sendiri semasa hidup membaktikan dirinya menjadi politikus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sebelum mengembuskan nafas terakhir, ia hendak naik mimbar khatib salat Jumat di Masjid Mujahidin, Kota Bandung.


Dihimpun dari berbagai sumber, orang nomor satu di Pemerintah Kota Bandung ini terlahir dari keluarga santri sehingga sangat akrab dengan dunia dakwah.

Walaupun telah menjadi wakil wali Kota Bandung--sebelum menjadi wali kota namun pria yang akrab disapa Mang Oded ini, tak mau melepaskan dunia dakwah.

Dan salah satu kegiatan dakwah yang tetap dilakukannya sampai saat ini ialah menjadi imam salat Jumat di masjid-masjid yang ada di Kota Bandung.

Program oleh Mang Oded diberi nama “Jumling” tersebut, telah dilakukannya sejak ia dilantik menjadi wakil wali Kota Bandung, sewaktu mendampingi Ridwan Kamil.

Sebelum menjadi Wali Kota Bandung, Mang Oded yang lahir Tasikmalaya pada 15 Oktober 1962 silam ini merupakan anggota DPRD Kota Bandung untuk periode 2004 hingga 2009 sekaligus sebagai Ketua DPD PKS Kota Bandung.

Pada 2013, Mang Oded mengikuti pemilihan umum sebagai calon wakil wali kota, berpasangan dengan Ridwan Kamil.

Pasangan Ridwan Kamil dan Oded M Danial berhasil memenangkan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Bandung dengan meraih 45,24 persen suara.

Pada Pemilihan Wali Kota Bandung selanjutnya atau pada tahun 2018, Oded mencalonkan diri sebagai Wali Kota Bandung.

Dia berpasangan dengan Yana Mulyana, dan pasangan ini memenangkan pemilihan umum tersebut dengan kemenangan 50.1 persen suara, mengalahkan dua calon lainnya.

Semasa hidupnya Oded yang menikah dengan Siti Muntamah telah memiliki tujuh orang buah hati.

Berikut ialah profil Oded M Danial

Nama Lengkap Oded Muhammad Danial, S.A.P
Tempat, Tanggal, Lahir : Tasikmalaya 15 November 1962
Nama Istri : Siti Muntamah
Nama Anak : Nurul Syifa, Zulfa Anida Dinillah, Shofura Istifa, Aisyah Nur Rahmah, Mufidah Ramadhanti, Fatimah Azzahra, dan Khodijah Qonita Aulia

Riwayat Pendidikan

SD Lengkong Tasikmalaya, (1969-1975)
SMPN 1 Tasikmalaya, (1975-1978)
STM Negeri Tasikmalaya, (19878-1982)
FISIP Universitas Pasundan (2014-2017)

Riwayat Organisasi dan Jabatan

Pelajar Islam Indonesia
Pemuda Persatuan
Industri Pesawat Terbang Nasional/IPTN (1983-199)
Ketua Majelis Pertimbangan Daerah PKS Kota Bandung (2005-2010)
Ketua DPD PKS Kota Bandung (2010-2015)
Ketua Pembina Majelis Taklim Al Ukhuwwah
Pembina Persaudaraan Seniman Bandung (Paseban)
Anggota DPRD Bandung (2004-2008) (2008-2013)
Wakil Ketua Komisi B DPRD Bandung
Wakil Wali Kota Bandung (2013-2018)
Wali Kota Bandung (2018-2021)

Tag: meninggal dunia oded m danial Oded M Daniel wali kota bandung oded m danial meninggal dunia oded salat sunnah sebelum meninggal mang oded orang saleh profil mang oded

Bagikan: