Mahfud MD: Hacker Bjorka Tidak Punya Kemampuan untuk Membobol

| 14 Sep 2022 11:57
Mahfud MD: Hacker Bjorka Tidak Punya Kemampuan untuk Membobol
Menko Polhukam Mahfud MD (Sachril Agustin/ ERA)

ERA.id - Hacker Bjorka diduga membocorkan sejumlah dokumen negara. Menkopolhukam Mahfud MD mengatakan Bjorka sebenarnya tidak memiliki kemampuan untuk betul-betul melakukan peretasan.

"Bahkan kalau dari hasil kesimpulan tadi apa yang disebut Bjorka ini sebenarnya tidak punya keahlian atau kemampuan membobol yang sungguh-sungguh," kata Mahfud MD saat konferensi pers di Gedung Kemenpolhukam, Jakarta Pusat, Rabu (14/9/2022).

Mahfud menambahkan dokumen atau data negara yang sifatnya rahasia tidak ada yang bocor. Mahfud menyebut data yang disebarkan Bjorka merupakan data yang sifatnya umum.

"Yang ini ndak ada, ini data-data umum yang sifatnya sebenarnya perihal surat ini, perihal surat itu, isinya sampai detik ini belum ada yang dibobol," ucapnya.

Lebih lanjut, Mahfud mengatakan pemerintah akan serius untuk menjaga keamanan data negara dan masyarakat. Terkait Bjorka, Mahfud mengatakan pemerintah berprasangka baik kepada hacker ini. 

"(Bjorka) itu hanya ingin memberitahu kepada kita menurut persepsi baik kita, ingin memberitahu bahwa kita harus hati-hati, kita bisa dibobol dan sebagainya. Tapi sampai saat ini tidak," ujar Mahfud.

Rekomendasi