Bacaan Doa Melembutkan Hati Anak yang Keras Kepala: Arab, Latin, dan Terjemahannya

| 01 Oct 2022 00:02
Bacaan Doa Melembutkan Hati Anak yang Keras Kepala: Arab, Latin, dan Terjemahannya
Ilustrasi berdoa (Unsplash)

ERA.id - Tidak dapat dipungkiri, memiliki keturunan adalah dambaan setiap orang. Namun bagaimana jika buah hati Anda sering membangkang? Artikel ini akan membahas doa melembutkan hati anak yang keras kepala agar menjadi pribadi yang santun dan lembut.

Jika anak sudah tidak dapat diberitahu maka doakanlah mereka (Unsplash)

Perlu diketahui pada fase tumbuh kembang banyak anak yang melakukan berbagai macam hal dan sering kali membuat orang tua nya kerepotan apalagi bila anak menjadi tidak penurut.

Dilansir dari laman Yayasan Komitmen Bersama Indonesia Kuat, terdapat amalan agar anak-anak menjadi anak yang berhati lembut dan penurut.

Perlu diketahui, Allah SWT berfirman bahwa anak merupakan anugerah yang bisa menjadi penyejuk hati orang tua. Pernyataan tersebut sebagaimana terdapat dalam Al Quran Surat Al Furqon ayat 74, berikut bunyinya.

 وَالَّذِيْنَ يَقُوْلُوْنَ رَبَّنَا هَبْ لَنَا مِنْ اَزْوَاجِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّاجْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَامًا

Artinya: Dan orang-orang yang berkata, “Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa.”

Bacaan Doa Melembutkan Hati Anak yang Keras Kepala

Lantas apa ada doa khusus melembutkan hati anak yang keras kepala? Ada, doa tersebut sebagaimana tertulis dalam Al-Quran surat At Tagabun ayat 15, berikut bunyinya:

 اِنَّمَآ اَمْوَالُكُمْ وَاَوْلَادُكُمْ فِتْنَةٌ ۗوَاللّٰهُ عِنْدَهٗٓ اَجْرٌ عَظِيْمٌ

Latin: innamā amwālukum wa aulādukum fitnah, wallāhu ‘indahū ajrun ‘aẓīm

Artinya: Sesungguhnya hartamu dan anak-anakmu hanyalah cobaan (bagimu), dan di sisi Allah pahala yang besar.

Bentuk-Bentuk Pembangkangan Anak Terhadap Orangtua

Terdapat beberapa contoh seorang anak pembangkang dan tidak penurut. Umumnya mereka anak tidak akan menuruti perkataan dan nasihat orang tua. Sebagai contoh, anak-anak jika pergi kemana pun tidak izin, menyakiti hati kedua orang tua, hingga  keras kepala saat disuruh.

Jika anak Anda sudah tidak dapat diberi tahu secara baik-baik, maka jangan terlalu emosi karena orang tua hanya bisa berdoa agar hati yang keras kepala menjadi lembut dan menurut kepada orang tua.

Meskipun demikian, pada kenyataannya anak-anak keras kepala dan pembangkang tersebut tidak dapat disebut nakal atau bandel. Karena tumbuh dalam perkembangan normal anak.

Perkembangan anak umumnya terjadi dalam tiga tahap, yaitu usia nol hingga satu tahun, dari satu hingga tiga tahun, dan dari tiga hingga enam tahun. Namun, tindakan anak laki-laki biasanya stabil dan orang tua harus mengatasi reaksi dengan cara yang berbeda.

Maka, dengan mendoakan anak, orang tua dapat menjadikan buah hati sebagai sosok yang berhati lembut sehingga tidak tumbuh jadi pribadi yang keras hati. Selain berusaha, orangtua juga perlu berdoa kepada Allah SWT karena Kekuatan doa sangatlah luar biasa, maka janganlah diremehkan.

Karena melalui doa, Allah SWT bisa menurunkan rahmat bagi para umatNya. Sebagaimana firman Allah SWT berikut:

“Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut. Sesungguhnya Allah tidak menyukai orang-orang yang melampaui batas. Dan janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi, sesudah (Allah) memperbaikinya dan berdoalah kepada-Nya dengan rasa takut (tidak akan diterima) dan harapan (akan dikabulkan). Sesungguhnya rahmat Allah amat dekat kepada orang-orang yang berbuat baik,” (QS. Al-A’raf : 55-56).

Selain doa melembutkan hati anak yang keras kepala, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Tags : doa anak-anak
Rekomendasi