Perbedaan Sinterklas dan Santa Claus yang Datang dari Kebudayaan Berbeda

| 20 Dec 2022 13:10
Perbedaan Sinterklas dan Santa Claus yang Datang dari Kebudayaan Berbeda
Perbedaan sinterklas dan santa claus (pinterest)

ERA.idNatal akan tiba, apakah Anda salah satu orang yang menantikan Sinterklas, eh atau Santa Claus. Ternyata terdapat perbedaan sinterklas dan santa claus meskipun mereka berdua memakai baju merah dan berjanggut putih besar.

Lalu apa saja perbedaannya? Dilansir dari laman iamsterdam.com, berikut ini beberapa hal yang membedakan antara sinterklas dan santa claus yang perlu kalian ketahui:

Perbedaan Sinterklas dan Santa Claus

  1. Hari Besar

Sinterklaas: Distribusi hadiah terjadi pada 5 Desember, meskipun pada beberapa masyarakat akan ada parade Sinterklas di pertengahan bulan November.

Santa Claus : 24 Desember adalah malam Santa Claus pergi dari atap ke atap, masuk melalui cerobong asap untuk mengantarkan hadiah. Anak-anak yang percara pada cerita manis, fantasi konsumeris yang muluk-muluk, dan kurang tidur berharap dapat melihatnya sekilas.

  1. Asal cerita

    Santra Claus erat dengan budaya Amerika (Pinterest)

Sinterklaas: Seorang pria dengan asal muasal yang serius dan dianggap sebagai inkarnasi dari Santo Nikolas (santo pelindung anak-anak, yang telah dihormati sejak Abad Pertengahan).

Santa Claus: Karakter campuran Sinterklaas, Bapak Natal dan Santo Nikolas dan Santa Claus Inggris memulai debutnya di dunia Baru tak lama setelah pendudukan Belanda di Amerika.

  1. Penampilan

Sinterklaas: Ikonografi religius adalah pengaruh besar dalam pakaian musim dingin Sinterklaas yang kurus. Pada musim dingin Sinterklaas memakai gaun merah kepausannya dengan alb uskup putih dan mitra merah berhiaskan salib. Selain itu, krosier emasnya dengan detail ikal terinspirasi oleh staf pastoral yang dibawa oleh pejabat tinggi Gereja.

Santa Claus: Pakaian Santa Claus terlihat lebih simpel dengan balutan dua potong setelah merah dengan lis putih dan ikat pinggang hitam tebal. Kemudian pada alas kaki, dia mengenakan sepatu bot yang kokoh, dan karung hadian yang menonjol jarang terlihat.

  1. Kendaraan

    Sinterklas dengan kuda putih (Pinterest)

Sinterklaas: Sinterklaas diketahui mencarter perahu dari Spanyol, lalu menunggangi kuda putih keabu-abuan yang anggun bernama Amerigo saat berada di tanah Belanda.

Santa Claus: Mengendarai kereta luncur dan sembilan rusa terbang (termasuk Rudolph berhidung merah).

  1. Kehidupan dan Rumah

Sinterklaas: Seorang bujangan dan menghabiskan sebagian besar waktunya di Spanyol.

Santa Claus: Markas Santa ada di Kutub Utara, meskipun hampir setiap negara Nordik tampaknya ingin mengklaimnya sebagai putra aslinya. Ada istri Santa di rumah dan dia adalah penggembala hebat rusa.

  1. Syarat dan Ketentuan

Sinterklaas: Melacak siapa yang berperilaku baik melalui buku besar nama anak-anak, dan menyimpan hadiah di sepatu mereka. Namun terdapat desas-desus tentang anak-anak nakal yang diculik saat tidur, dimasukkan ke dalam karung dan 'menghilang' ke Spanyol.

Santa Claus: Sebagai perbandingan, Santa Claus lebih suka memberi hadiah atau sesuatu di bawah pohon.

  1. Makanan Kesukaan

Sinterklaas: Diketahui sebagai seorang pertapa, meskipun dia memberikan banyak permen, tetapi sepertinya Sinterklaas tidak pernah memanjakan diri dengan suatu makanan favorit.

Santa Claus: Diketahui menyukai beberapa makanan di antaranya kue, susu, wiski, dan pai cincang.

Selain perbedaan Sinterklas dan Santa Claus, ikuti artikel-artikel menarik lainnya juga ya. Kalo kamu ingin tahu informasi menarik lainnya, jangan ketinggalan pantau terus kabar terupdate dari ERA dan follow semua akun sosial medianya! Bikin Paham, Bikin Nyaman

Rekomendasi