Peringati Hari Purbakala, Pegawai BKB Bersihkan Candi

| 14 Jun 2022 21:30
Peringati Hari Purbakala, Pegawai BKB Bersihkan Candi
Pegawai Balai Konservasi Borobudur memperingati Hari Purbakala 2022 dengan membersihkan Candi Borobudur (Dok. Antara)

ERA.id - Para pegawai Balai Konservasi Borobudur (BKB) memperingati Hari Purbakala 2022 dengan membersihkan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Selasa (14/6/2022).

Dalam kegiatan bertajuk "Reresik Candi Borobudur" tersebut para pegawai BKB membersihkan candi secara manual, antara lain dengan menyikat batu candi untuk menghilangkan kotoran atau lumut dan melakukan penyemprotan dengan air.

Kepala Balai Konservasi Borobudur (BKB) Wiwit Kasiyati mengatakan pembersihan tersebut harus dilakukan untuk menjaga agar tidak terjadi kerusakan.

"Kalau tidak dibersihkan nanti tingkat kerusakannya bisa lebih parah dan kami mempunyai tanggung jawab luar biasa. Kami harus menjaga dan merawat batu Candi Borobudur," katanya.

Ia menyampaikan hal tersebut sudah menjadi tugas BKB sehingga selalu berupaya meminimalkan tingkat kerusakan, antara lain nanti pengunjung kalau sudah boleh naik ke struktur candi harus memakai alas kaki khusus, yaitu sandal upanat yang merupakan produk masyarakat Borobudur.

Wiwit menuturkan setiap tahun selalu memperingati Hari Purbakala.

"Substansi ruhnya memperingati cagar budaya tetap diselenggarakan terus sampai sekarang dan kami melakukan berbagai kegiatan," katanya.

Ia menyebutkan pada 6-11 Juni 2022 BKB melakukan kegiatan workshop aktualisasi nilai relief Candi Borobudur melalui seni kriya. Ada berbagai kegiatan, antara lain membatik, belajar mengukir, dan memahat. Demikian dilansir dari Antara.

Rekomendasi