Setelah Ormas Mengadu, Polisi Bubarkan Waria Fashion Show di Makassar

| 03 Aug 2022 15:46
Setelah Ormas Mengadu, Polisi Bubarkan Waria Fashion Show di Makassar
Ilustrasi polisi (Antara)

ERA.id - Polsek Makassar membubarkan paksa kontes busana atau fashion show waria yang dirangkaikan dengan acara ulang tahun di Sky Karaoke, Jalan Gunung Latimojong, Senin malam (1/8).

Acara itu dibubarkan usai polisi menerima info dari organisasi masyarakat (ormas). "Sebelum kegiatannya terlaksana, kita segera bubarkan, apalagi setelah kita cek dan ternyata tidak ada izinnya. Rencananya kegiatan mereka dilaksanakan pukul 09.00 Wita, tetapi karena ada aksi ormas yang mau datang ke sana, sehingga kita juga bergerak cepat membubarkannya," kata Kapolsek Makassar, AKP Andi Aris Abu Bakar, Rabu (3/8/2022).

Ia menambahkan, saat di lokasi, pihaknya dan beberapa anggota ormas menemukan banyak waria menggunakan busana perempuan.

Pada saat kejadian itu, Aris mengaku tak mengetahui jumlah pasti waria yang datang ke lokasi kegiatan, apalagi sebagian peserta belum sempat datang di lokasi hingga akhirnya bubar.

"Selain mengecek izin, saya juga memberi pesan jika tujuan datang ke lokasi kegiatan fashion show waria ini sebagai untuk meminimalisir terjadinya konflik antara kelompok penyelenggaraan kegiatan dengan ormas yang melapor," tuturnya.

Meski telah dibubarkan, panitia dan peserta rupanya tak kapok dan mencari tempat lain demi terselenggaranya kegiatan mereka.

"Akhirnya mereka bergeser nyanyi di Inul Vizta Family Karaoke Panakkukang, namun kita juga larang, jadi belum ada kegiatan," ujar Kapolsek Panakkukang Kompol Abdul Azis saat dikonfirmasi.

Azis mengatakan, para waria ini belum sempat masuk ke dalam rumah bernyanyi, karena keburu dihalau polisi. Adapun jumlah mereka yakni diperkirakan 30 orang.

Alasan membubarkan kegiatan ini tak lain soal izin dan riak-riak organisasi masyarakat yang menilai tak sesuai dengan norma-norma yang berlaku di masyarakat. "Sekitar 30 orang itu waria semua, pakai baju terbuka," tutupnya.

Rekomendasi