Harga Cabai Tinggi, Ganjar Salahkan Musim: Tidak Harus Pakai Cabai Fresh

| 03 Aug 2022 22:05
Harga Cabai Tinggi, Ganjar Salahkan Musim: Tidak Harus Pakai Cabai Fresh
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Foto: Istimewa)

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan inflasi di Jawa Tengah sudah mulai menurun meskipun harga cabai masih cenderung tinggi. Tingginya harga cabai itu menurut Ganjar karena memang sedang musimnya.

"Kalau cabai itu hanya musimnya saja, maka kami intervensi," kata Ganjar di Kota Semarang, Rabu (3/8).

Terkait tingginya harga cabai tersebut, Ganjar mengajak masyarakat untuk mulai mencari alternatif cabai segar. Misalnya penggunaan cabai olahan sehingga ke depan harga cabai dapat stabil.

"Berikutnya kita harus bicara juga penggunaan cabai termasuk cabai olahan sehingga kita tidak harus menggunakan cabai yang fresh. Ini butuh edukasi," katanya.

Ganjar menjelaskan, secara umum inflasi di Jawa Tengah mulai menurun setelah dilakukan intervensi dan operasi pasar oleh Pemerintah Provinsi Jawa Tengah, Perwakilan Bank Indonesia Jawa Tengah, dan pemangku kepentingan lain.

"Betul-betul kita melakukan checking data maka sistem yang pernah kita buat sama BI yang namanya SIHATI itu kita harapkan betul-betul semuanya meng-update tiap hari. Kalau bisa tiap hari itu bisa menjadi data awal bagaimana kita membaca situasi," jelasnya.

Volatile food menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi inflasi. Untuk itu Ganjar mendorong peningkatan produksi komoditas pangan sehingga produksi dalam negeri mencukupi kebutuhan.

Menurutnya, dorongan itu sebagai langkah siaga karena harga komoditas pangan juga dipengaruhi faktor eksternal atau perubahan global. "Selalu saja pasti ada hubungannya. Ini momentum buat kita bangkit," kata dia.

Ganjar menambahkan, produksi komoditas pangan dalam negeri juga akan menekan impor. Menurutnya, impor komoditas pangan masih diperlukan tetapi sebisa mungkin lebih banyak memanfaatkan produk dalam negeri.

"Impor sih boleh tapi jangan banyak-banyak. Masa kita impornya banyak banget, produksi dalam negerinya kurang. Ini intervensi yang coba kita lakukan. Intinya pemerintah daerah tidak boleh duduk manis. Hari ini harus memelototi terus apa saja yang ada agar kemudian bisa mengendalikan inflasi," ujarnya.

Selain volatile food, satu hal lagi yang mempengaruhi inflasi yakni administered price yang sering kali tidak diketahui. Misalnya angkutan umum, biaya sekolah, dan kebijakan terkait kenaikan harga BBM.

"Jangan salah, orang bayar sekolah bisa jadi inflasi juga. Ini sebentar lagi soal kenaikan harga BBM umpama. Itu beberapa kebijakan yang akan mendorong. Maka yang penting kontrol dan pengendalian yang musti kita lakukan. Komunikasi kita di Pemkot, BI, di kami ini terus menerus," kata Ganjar.

Rekomendasi