Momen Jokowi dan Ganjar di CFD Solo, Ngobrol Soal Apa Saja?

| 07 Aug 2022 19:11
Momen Jokowi dan Ganjar di CFD Solo, Ngobrol Soal Apa Saja?
Jokowi dan Ganjar (Dok. Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden )

ERA.id - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi) beserta ibu negara Iriana Jokowi dan sejumlah menteri jalan sehat di Solo Car Free Day, Minggu (7/8/2022). Dalam rombongan ini hadir pula Wali Kota Solo yang sekaligus putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka dan Jan Ethes Sri Narendra.

Jokowi berjalan di Jalan Slamet Riyadi dan menyapa warga yang beraktivitas di CFD. Jokowi menyempatkan diri untuk mampir ke rumah dinas Wali Kota Solo Loji Gandrung yang pernah menjadi tempat tinggalnya dulu. Ia bersama cucunya, Jan Ethes membagikan susu kotak pada anak-anak.

Terkait aktivitas Jokowi di CFD ini, Ganjar mengatakan tak banyak mengobrol dengan orang nomor satu di Indonesia tersebut. Ia hanya mendampingi Jokowi yang beraktivitas di CFD.

"Nggak ngobrol saya, tadi hanya olahraga, methuk (jemput). Beliau ingin berkeliling melihat-lihat beberapa ruas jalan termasuk Loji Gandrung lagi," katanya.

Ganjar mengatakan kedatangan Jokowi ke Loji Gandrung ini sebagai bentuk nostalgia. Tidak ada acara khusus yang dilakukan di lokasi ini.

"Di Loji Gandrung reuni saja, lihat-lihat. Beliau hanya mau olahraga," ucapnya.

Mengenai pertemuannya dengan Jokowi, Ganjar mengaku tidak mendapatkan perintah khusus. Apalagi terkait pengembangan kota Solo. Obrolan yang dilakukan dengan mantan Wali Kota Solo ini hanya sebatas mengenai penataan beberapa wilayah yang sudah direncanakan oleh pemerintah pusat dan pemerintah kota Solo.

"Saya tidak ada perintah, itu (penataan kota Solo) suah disiapkan perencanaannya. Ada beberapa yang mau ditata, Keraton Mangkunegaran itu nanti yang di belakang, sedang disiapkan oleh Menteri BUMN. Beliau Cuma lihat-lihat saja," katanya.

Pantauan di lapangan, Jokowi yang mengajak Jan Ethes terlihat memborong sejumlah balon karakter. Balon-balon itu kemudian dibagikan oleh Jan Ethes kepada anak-anak yang ia temui sepanjang jalan.

Rekomendasi