Warga Kudus Kibarkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1.444 Meter, Pembuatan Bendera Habiskan Rp10 Juta

| 16 Aug 2022 23:13
Warga Kudus Kibarkan Bendera Merah Putih Sepanjang 1.444 Meter, Pembuatan Bendera Habiskan Rp10 Juta
Bendera Merah Putih sepanjang 1.444 meter (Dok. Antara)

ERA.id - Warga Desa Honggosoco, Kecamatan Jekulo, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, memiliki cara unik dalam menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia, yakni dengan membentangkan Bendera Merah Putih sepanjang 1.444 meter di tepi jalan.

Bendera Merah Putih dengan lebar 50 sentimeter (cm) tersebut, dipasang di tepi jalan kampung yang ada di Rukun Tetangga (RT) 4 Rukun Warga (RW) 5 dan RT 3 RW 4.

Menurut Ketua Rukun Tetangga (RT) 4 RW 5 Dopo Edi Pranoto di Kudus, Selasa, ide membuat bendera sepanjang 1.444 meter tersebut dalam rangka mengajak masyarakat, khususnya generasi muda untuk peduli terhadap HUT Kemerdekaan RI, salah satunya dengan memasang Bendera Merah Putih.

"Bagi warga yang masih enggan memasang bendera mulai awal Agustus 2022, setidaknya dengan adanya bendera panjang tersebut tergerak dengan kerelaan hati untuk memasang," ujar Sersan Kepala (Serka) Dopo Edi Pranoto yang merupakan Babinsa Koramil Dawe Kodim 0722/Kudus yang merupakan inisiator dikutip dari Antara, Selasa (16/8/2022).

Apalagi, kata dia, masyarakat saat ini hanya diminta sekadar merayakannya saja dengan mengibarkan bendera tanpa ikut berperang seperti halnya para pahlawan sebelumnya.

Pemasangannya sendiri, dilakukan pada tanggal 1 Agustus 2022 malam dengan melibatkan seratusan warga. Sedangkan biaya pembuatannya sebagian merupakan swadaya masyarakat serta dibantu donatur termasuk kepala desa setempat karena pembuatannya menghabiskan dana Rp10 juta.

"Adapun makna dari 1.444 meter karena perayaan HUT Kemerdekaan saat ini yang ke-77, jika dijumlahkan menjadi angka 14. Sedangkan angka 44 berikutnya bertepatan dengan tahun hijriah 1444," ujarnya.

Muhammad Khoirul Anam mengaku senang adanya pemasangan Bendera Merah Putih yang cukup panjang tersebut, sehingga desanya semakin meriah dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI.

Ia mengakui ikut serta memasang bendera tersebut, sehingga warga RT 4 dan RT 3 juga terlihat guyub dalam menyambut HUT Kemerdekaan RI.

"Para pemuda seperti dirinya, juga ikut bangga bahwa desanya bisa merayakan HUT Kemerdekaan dengan meriah, termasuk diramaikan dengan berbagai lomba. Salah satunya panjat pinang setelah dua tahun tidak ada keramaian karena pandemi," ujarnya. 

Rekomendasi