Ditunjuk Jadi Komisaris PT KAI, Mangkunegara X: Saya Siap Menyukseskan Program Strategis

| 18 Aug 2022 06:25
Ditunjuk Jadi Komisaris PT KAI, Mangkunegara X: Saya Siap Menyukseskan Program Strategis
Mangkunegara X (Amalia Putri/era.id)

ERA.id - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menunjuk Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Arya (KGPAA) Mangkunegara X  sebagai Komisaris PT Kereta Api Indonesia (KAI).

Penunjukan ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor SK-173/MBU/08/2022 dan SK-174/MBU/08/2022 tanggal 15 Agustus 2022 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Anggota Dewan Komisaris Perusahaan Perseroan (Persero) PT Kereta Api Indonesia.

Terkait penunjukan ini, Mangkunegara X menyampaikan ucapan terima kasihnya. ” Terima kasih kepada Bapak Menteri BUMN dan jajaran atas kepercayaan dan amanah yang diberikan kepada saya. Sebagai Komisaris PT KAI, saya siap turut menyukseskan program-program strategis PT KAI,” ucapnya melalui rilis yang diterima pada Rabu (17/8/2022).

Ia juga memohon dukungan dari PT KAI dan masyarakat umum atas jabatan yang diamanahkan kepadanya. ”Saya harap KAI dapat semakin dekat dengan masyarakat dan generasi muda, sebagai solusi ekosistem transportasi terbaik untuk Indonesia,” katanya.

Kedekatan Pura Mangkunegara dengan KAI sudah berlangsung sejak dulu. Sebab Mangkunegara IV yang menginisiasi pembangunan Stasiun Balapan Solo dan Stasiun Purwosari.

Kedua stasiun ini  didirikan di tanah kekuasaan Pura Mangkunegaran. Stasiun Balapan Solo juga sempat direvitalisasi oleh Mangkunegara VII dengan bantuan arsitek ternama Thomas Karsten.

Sebagai informasi KGPAA Mangkunegara X ditunjuk menjadi komisaris bersama dengan tujuh orang lainnya. Untuk Komisaris Utamanya masih dipegang mantan Ketua PB NU Said Agil Siraj.

Rekomendasi