Heboh Pria Dipasung di Tangerang, Dinsos: Gangguan Jiwa karena Orang Tuanya Berpisah

| 18 Aug 2022 16:13
Heboh Pria Dipasung di Tangerang, Dinsos: Gangguan Jiwa karena Orang Tuanya Berpisah
Ilustrasi pemasungan manusia (Pixabay)

ERA.id - Seorang pria yang berusia sekira 20 tahun, dipasung di gubuk Kampung Pasirawi, Desa Sukaasih, Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang, viral di media sosial.

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tangerang, Aziz Gunawan, mengatakan pria tersebut diketahui menderita gangguan jiwa karena orang tuanya berpisah.

"Sehingga pria tersebut kurang perhatian yang akhirnya pria tersebut mengonsumsi obat-obatan terlarang dan mengalami gangguan jiwa," ucapnya, Kamis (18/8/2022).

"Sehingga dipasung oleh keluarganya. Yang pasti baru beberapa hari saja ditempatkan di situ," sambungnya.

Aziz menuturkan keluarga dari pria tersebut tinggal tidak jauh dari gubuk tempat pemasungan. Saat ini pihaknya telah membawa pria pengidap ODGJ tersebut ke tempat pelayanan kesehatan di wilayah Pasar Kemis.

"Sekarang kondisinya lagi dikawal oleh pihak Puskesmas Pasar Kemis. Mungkin akan dirawat dulu di puskesmas hari ini, dan akan kita rujuk ke rumah sakit jiwa. Dikawal terus sampai perawatan," jelasnya.

Menurut Aziz, pihaknya membawa pria tersebut ke pusat pelayanan kesehatan atas sepengetahuan dari keluarganya.  Namun, jika pria tersebut nantinya menunjukan kondisi yang kembali pulih, maka akan dikembalikan ke pihak keluarganya.

"Nanti kalau sudah selesai perkembangannya, keluarganya kita lakukan pendekatan. Tetap kita berikan penyadaran, edukasi ke keluarganya dan berikan assessment," jelasnya.

Rekomendasi