Peluncuran Uang Baru, BI Solo Buka Konter Penukaran

| 18 Aug 2022 17:16
Uang baru (Amalia P/ ERA)

ERA.id - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) Solo membuka konter penukaran uang rupiah pecahan terbaru atau uang kertas emisi 2022. Penukaran ini menerjunkan mobil kas keliling dan dipusatkan di Balai Kota Solo Jumat (19/8/2022).

Untuk penukarannya, warga bisa mengakses aplikasi PINTAR yang dapat diakses melalui laman https://pintar.bi.go.id.

Kepala KPw BI Solo Nugroho Joko Prastowo mengatakan penukaran ini sifatnya masih pengenalan. Sehingga masyarakat yang ingin menukarkan uang, dibatasi dengan paket senilai Rp200 ribu. Adpun rincian masing-masing satu lembar pecahan Rp100 ribu, satu lembar pecahan Rp50 ribu, satu lembar pecahan Rp20 ribu dan Rp10 ribu, dua lembar pecahan Rp5 ribu, empat lembar pecahan Rp2 ribu dan dua lembar pecahan Rp1 ribu.

"Jadi totalnya Rp200 ribu," katanya.

Untuk pengedaran uang kertas baru emisi 2022 ini dilakukan secara besar-besaran melalui jalur perbankan. Namun karena tidak ada penarikan atau pencabutan dari pusat, maka uang kertas emisi lama masih bisa digunakan sebagai alat pembayaran.

"Bank mengambil dari BI dan kemudian mengedarkannya ke nasabah. Kalau nasabah menarik uang, maka akan beredar dengan sendirinya," katanya.

Pada peluncuran uang kertas emisi 2022 ini merupakan penguatan dari uang kertas yang sebelumnya telah diedarkan. Namun ada penguatan warna dari desain sebelumnya. "Gambar pahlawan maupun gambar kekayaan alam dan budaya masih tetap sama. Ada penguatan saja," katanya.

Penguatan yang pertama yakni dari segi ukuran. Dimana ukuran untuk tiap pecahan akan berbeda, sehingga semakin kecil akan semakin pendek untuk membantu membedakan pecahan besar dan pecahan kecil. Kemudian dari sisi warna juga lebih kuat, untuk membedakan antara satu pecahan dengan pecahan yang lain.

"Tidak sedikit masyarakat yang kesulitan membedakan uang kertas pecahan sebelumnya, antara pecahan Rp20 ribu dengan Rp2 ribu. Warna yang lebih kontras maupun ukuran yang berbeda membuat masyarakat lebih nyaman menggunakannya," katanya.

Sebagai informasi, Bank Indonesia mengeluarkan tujuh pecahan uang rupiah kertas terbaru pada momen Hari Kemerdekaan. Peluncuran pecahan uang baru ini diumumkan oleh BI hari ini, Kamis (18/8/2022).

Rekomendasi