Hadapi Lebaran, BI Solo Sediakan Rp6 Triliun Bagi Masyarakat yang Ingin Lakukan Penukaran Uang Tunai

| 24 Mar 2023 23:00
Hadapi Lebaran, BI Solo Sediakan Rp6 Triliun Bagi Masyarakat yang Ingin Lakukan Penukaran Uang Tunai
Ilustrasi (Antara)

ERA.id - Bank Indonesia (BI) Solo menyediakan kebutuhan yang untuk masyarakat selama periode puasa dan lebaran sebesar Rp 6 triliun. Jumlah ini meningkat dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 5,6 triliun.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo Nugroho Joko Prastowo, Jumat(24/3/2023). "BI Solo menyiapkan kebutuhan uang tunai bagi masyarakat Solo, dari segi kualitasnya baik," katanya.

Untuk layanan penukaran uang ini dilaksanakan secara serentak pada tiap hari Selasa dan Kamis selama bulan Ramadhan. BI bekerjasama dengan Pos Indonesia Solusi, Pegadaian Solo, Asbisindo dan Perbarindo Solo Raya. Hal ini agar memperluas jangkauan layanan penukaran uang pecahan kecil.

"Ada sebanyak 154 titik layanan penukaran uang yang terdiri dari 124 kantor bank dan 15 BPR Solo Raya serta 3 kantor Pos Indonesia dan 12 kantor Pegadaian Solo Raya," katanya.

Selain melalui 154 titik yang sudah disiapkan, kata Joko masyarakat dapat melakukan penukaran uang pecahan kecil melalui layanan kas keliling BI Solo di mana masyarakat dapat melakukan pemesanan terlebih dahulu melalui web https://pintar.bi.go.id sesuai jadwal yg telah ditetapkan.

"Masyarakat diminta menyertakan bukti pemesanan dan KTP serta terdapat ketentuan tambahan yaitu satu orang penukar hanya bisa mewakili dua KTP. Tujuannya untuk dapat melayani masyarakat secara lebih luas," katanya.

Lebih jauh BI Solo juga akan membuka layanan penukaran kas keliling di Rest Area 519A Sragen dan Rest Area 487A Boyolali guna memenuhi kebutuhan pemudik yang melintas di area Soloraya pada minggu terakhir Ramadhan.

Rekomendasi