Gibran Positif Lagi, Kepala Dinkes Kota Solo: Siapapun Harus Tetap Waspada COVID-19

| 19 Aug 2022 16:43
Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka (Amalia Putri/Era.id)

ERA.id - Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka kembali terpapar Covid-19. Untuk itu Dinas Kesehatan Kota Solo mengimbau agar masyarakat bisa lebih menjaga protokol kesehatan (Prokes).

Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Solo Siti Wahyuningsih, Jumat (19/8/2022). ”Memang saat ini kasusnya sedang meningkat. Siapapun harus tetap waspada dengan Covid-19, tetapi bagaimanapun kehidupan ekonomi, kehidupan sosial kemasyarakatan harus tetap jalan,” katanya.

Siti membenarkan dalam beberapa waktu terakhir kota Solo dalam kondisi banyak kegiatan. Sehingga hal ini menimbulkan daya tahan tubuh yang drop.

”Terlepas dari itu semua (Gibran terpapar Covid-19), intinya kita semua memerlukan perlindungan untuk tubuh. Kita harus sadar kemampuan fisik ada batasnya. Makanya harus pintar-pintar memanage,” katanya.

Siti mengingatkan bahwa saat ini Covid-19 masih ada. Namun dua tahun pandemi Covid-19 ini, kegiatan tetap harus berjalan. ”Makanya kita harus bangkit (secara ekonomi), tapi prokes tetap harus diterapkan,” katanya.

Per hari kemarin, angka kasus Covid-19 di kota Solo ada 217 kasus. Kemarin, terdata ada penambahan 11 kasus. ”Bahkan minggu lalu ada delapan orang yang meninggal. Memang sekarang ini sama sekali tidak ada gejalanya, tapi virus ini tetap berbahaya bagi yang komorbid,” katanya.

Sebagai informasi Wali Kota Solo terpapar Covid-19 untuk ketiga kalinya. Hal ini disampaikan oleh Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa pada Jumat (19/8/2022) pagi.  Terpantau Gibran masih mengikuti upacara HUT Kemerdekaan RI yang ke-77 dan bertugas sebagai inspektur upacara. ”Sorenya beliau swab dan hasilnya positif,” katanya.

Rekomendasi