Klaster Corona di Kampung Jokowi Solo Berkurang, Gibran Buka Lockdown

| 31 May 2021 19:14
Klaster Corona di Kampung Jokowi Solo Berkurang, Gibran Buka Lockdown
Petugas membuka blokade jalan (Amalia Putri/era.id

ERA.id - Selama beberapa waktu RT 6 RW 7 Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari Solo ditutup akibat 52 warganya dinyatakan positif COVID-19. Namun, kini karantina wilayah di kawasan yang dekat dengan rumah Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka telah dibuka.

”Semua sudah dinyatakan negative, totalnya ada 52 orang yang tertular COVID-19 dari kawasan ini,” kata Lurah Sumber, Supyanto, Senin (31/5/2021).

Ia menjelaskan ada satu warganya yang masih menjalani perawatan di rumah sakit. Namun warga ini memiliki penyakit penyerta dan belum dinyatakan sembuh. ”Dia sudah menjalani perawatan lebih dari 14 hari. Warga ini termasuk yang tertular di awal,” ujarnya.

Sejak diketahui ada warga yang terinfeksi COVID-19 pada 12 Mei 2021 lalu, Pemkot Solo langsung memantau dan mengefektifkan Satgas Jogo Tonggo. Setelah ada satu orang yang terinfeksi, penularan terjadi dengan massif.

”Akhirnya kami memutuskan untuk mengkarantina kawasan ini,” ucap Supyanto.

Usai dibuka kembali kawasan ini, warga akan mengantisipasi kegiatan yang rawan penyebaran COVID-19. Selain itu pihaknya akan memantau jika ada pendatang yang masuk ataupun singgah di rumah ibadah di kawasan ini.

”Kita akan lebih mengedukasi warga sekitar tentang pentingnya protokol kesehatan,” ucapnya.

Sementara itu Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka membenarkan telah membuka kawasan ini. Pasalnya semua warga telah dinyatakan sembuh.

”Ya kita waspada jangan sampai ada kejadian semacam ini lagi. Termasuk kita akan lakukan penguatan Satgas COVID-19,” tandasnya.

Rekomendasi