Diduga Akibat Korsleting Listrik, Rumah Pimpinan Ponpes di Banda Aceh Ludes Terbakar

| 20 Aug 2022 20:05
Diduga Akibat Korsleting Listrik, Rumah Pimpinan Ponpes di Banda Aceh Ludes Terbakar
Petugas pemadam kebakaran Banda Aceh sedang memadamkan api yang membakar rumah panggung di Dayah Tgk Bulqaini, di Banda Aceh, Sabtu (20/8/2022) (ANTARA/HO/Humas DPKP Banda Aceh)

ERA.id - Rumah panggung Aceh berkonstruksi kayu milik pimpinan Pesantren Markaz Al Ishlah Al Aziziyah Tgk Bulqaini (57) di Kota Banda Aceh hangus terbakar, diduga karena korsleting listrik.

"Sekitar pukul 14.14 WIB telah terjadi kebakaran rumah panggung Aceh milik Tgk Bulqaini di Jalan Tgk H Muhammad Hasan Gampong (desa) Lueng Bata Kota Banda Aceh," Kata Kepala Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Banda Aceh Muhammad Hidayat, di Banda Aceh, Sabtu (20/8/2022).

M Hidayat mengatakan berdasarkan informasi yang dihimpun dari saksi Muhammad Edi Ruslan selaku humas pesantren tersebut mengatakan bahwa kebakaran itu diketahui ketika api sudah membesar di salah satu ruangan rumah panggung Aceh itu.

"Pimpinan Tgk Bulqaini saat itu tidak di rumah karena sedang berada di Kota Lhokseumawe dalam rangka dakwah tahun baru islam," ujarnya.

M Hidayat menyampaikan dalam upaya memadamkan api tersebut, DPKP Banda Aceh mengerahkan lima unit armada pemadam kebakaran. Setengah jam kemudian api dapat dipadamkan.

"Sekitar pukul 15.00 WIB api dapat dipadamkan dan selanjutnya dilakukan upaya pendinginan," katanya.

M Hidayat menuturkan, proses pemadaman turut dibantu petugas PLN, Polsek Lueng Bata di back up Polresta Banda Aceh, personel Kodim, Koramil setempat, relawan ERPA dan RAPI dalam pengamanan di lokasi kejadian.

Dirinya menegaskan bahwa dalam musibah kebakaran itu tidak ditemukan korban jiwa, sedangkan untuk penyebabnya sementara ini diduga karena korsleting listrik.

"Diduga karena korsleting listrik, namun pengembangan lanjutan masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," demikian M Hidayat.*

Rekomendasi