Demo Tolak Kenaikan BBM, Waspadai 11 Titik Lokasi Bakal Macet Parah di Kota Makassar

| 05 Sep 2022 11:49
Demo Tolak Kenaikan BBM, Waspadai 11 Titik Lokasi Bakal Macet Parah di Kota Makassar
Aksi Unjuk Rasa Tolak Kenaikan BBM di Kota Makasar (ERA.id/Ashar Abdullah)

ERA.id - Berbagai elemenen masyarakat, mahasiswa, buruh dan lain sebagainya melakukan kegiatan aksi unjuk rasa penolakan kenaikan harga BBM yang telah diputuskan oleh pemerintah pusat kemarin, Sabtu, (3/9/2022).

Berdasarkan pantau ERA.id, ada 11 titik lokasi aksi unjukrasa yang tersebar di wilayah Kota Makassar, Sulawewi Selatan. 

Humas Polrestabes Makassar, AKP Lando mengatakan, bahwa aparat kepolisian siap melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya terkait masalah penolakan kenaikan harga BBM. 

"Polrestabes melibatkan sekitar 1.955 personil gabungan instansi terkait untuk melaksanakan pengamanan giat di beberapa titik atau lokasi baik di sentra sentra perekonomian, SPBU serta obyek vital lainnya," kata Lando, Senin, (5/9/2022)

Ia berharap, agar setiap elemen masyarakat yang menyampaikan aspirasinya senantiasa mentataati segala ketentuan yang berlaku, menyelaraskan antara hak dan kewajiban, tidak merugikan kepentingan umum. Sehingga penyampaian aspirasi dapat tercapai sesuai dengan yang diharapkan. 

"Kepada masyarakat pengguna jalan raya agar selalu waspada terutama terkait dengan kemacetan arus lalulintas, selalu memonitor perkembangan situasi. Sehingga tidak terjebak kemacetan," katanya. 

Lebih lanjut, kata dia, anggota polisi akan mengalihkan arus lalulintas dengan menyesuaikan perkembangan situasi di lapangan. Maka, diharapkan kendaraan besarn kiranya untuk sementara waktu menghindari titik titik aksi guna meminimalisir terjadinya kemacetan arus lalulintas.

Meski demikian, kata Lando, masyarakat tidak perlu takut namun tetap waspada dalam setiap aktifitas, dan diharapkan utk tidak terpencil dengan issue yang sifatnya hoaks yang akibatnya akan merugikan semua pihak. 

"Aparat Keamanan dan instansi terkait akan selalu mengamankan setiap giat masyarakat sehingga berlangsung dalam keadaan aman dan lancar dengan partisipasi semua pihak. Aparat keamanan melakukan tugas pengamanan dengan cara cara yang humanis persuasif, sesuai SOP (standar operasional prosedur)," jelasnya.

Terpantau, sejak pukul 9:00 Wita demonstran mulai membakar ban bekas hingga menutup Jalan A.P Pettarani - Hertasning tepatnya di depan Kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar.

Berikut rincian titik aksi di Kota Makassar :

1. Pukul 10.00 Wita, rencana aksi Unras di Jl. Perintis Kemerdekaan (Simpang 4 Patung Ayam Daya) Makassar sekitar 50 orang dari Pemuda Sektor Biringkanya yang dipimpin oleh Sdr. Lingga (Jendlap) akan melaksanakan aksi terkait penolakan kenaikan harga BBM bersubsidi.

2. Pukul 12.00 Wita, rencana aksi Unras di Jl Sultan Alauddin Kec Tamalate Kota Makassar sekitar 30 orang dari Simpul Pergerakan Mahasiswa dan Pemuda (SPMP) dipimpin oleh Sdr. Rais (Korlap) akan melaksanakan aksi terkait *menolak kenaikan harga BBM.

3. Pukul 13.00 Wita, rencana aksi Unras di depan gerbang BTP dan Depan Kampus Unhas sekitar 30 orang dari Komite Rakyat Demokratik (KOMRAD) yang dipimpin Sdr. Wandi (Jendlap) dan Sdr. Yayat, akan melaksanakan aksi terkait *Tolak RKUHP dan Kenaikan Harga BBM.

4. Pukul 13.00 Wita, rencana aksi Unras di depan Kampus 1 UIN Alauddin Makassar Kec. Tamalate Kota Makassar sekitar 50 orang dari *Himpunan Mahasiswa Islam (HMI Cagora) yang di pimpin Sdr. Khairil Anwar (Korlap) akan melaksanakan aksi unjuk rasa terkait penolakan kenaikan harga BBM. 

5. Pukul 13.00 Wita, rencana aksi Unras di Jl. Sultan Alauddin Kec. Tamalate Kota Makassar sekitar 50 orang dari Gerakan Mahasiswa Bersatu Sulsel (GMB Sulsel) dipimpin oleh Sdr. Rudy (Korlap) akan melaksanakan aksi Terkait menolak kenaikan harga BBM. 

6. Pukul 13.00 Wita, rencana aksi Unras di pertigaan Jl. Sultan Alauddin - Jl. A. Pettarani Makassar dan depan Hotel Lamacca Jl. A.P.Pettarani Kec. Tamalate Kota Makassar sekitar 50 orang dari Gerakan Rakyat Intelektual Indonesia (GARIS) dipimpin oleh Sdr. Andri (jendlap) akan melaksanakan aksi terkait menolak kenaikan harga BBM.

7. Pukul 13.00 Wita, rencana aksi Untas di Jl. Bonto Lempangan dan Kantor DPRD Prov Sulsel, sekitar 100 orang dari Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Makassar (HMI Cab. Makassar)*, yang dipimpin oleh Sdr. Arsy Jailolo (Jendlap) akan melaksanakan aksi terkait penolakan kenaikan harga BBM.

8. Pukul 13.00 Wita, rencana aksi Unras di Kampus STIM LPI Bung Jl. Bung - Perintis Kemerdekaan Kec Biringkanaya Kota Makassar sekitar 50 orang dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) STIM LPI Bung dipimpin Sdr. Fadjrun (Jendlap) akan melaksanakan aksi terkait Menolak kenaikan harga BBM.

9. Pukul 13.15 Wita, rencana aksi Unras di depan Kampus Unismuh Jl. Sultan Alauddin Kec. Rappocini kota Makassar, sekitar 50 orang dari Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Sejajaran Unismuh dipimpin oleh Samsul Kifli (Jendlap/Ketua PTKP HMI kom. Fak. Ekonomi Unusmuh) akan melaksanakan aksi terkait/ penolakan terhadap kenaikan harga BBM subsidi oleh pemerintah pusat. 

10. Pukul 14.00 Wita, rencana aksi aksi Unras di Jl. A.P Pettarani depan Gedung Phinisi Kampus UNM Kec Rappocini Kota Makassar sekitar 50 orang dari Aliansi Mahasiswa UNM dipimpin korlap sdr. Gery Fabian (mahasiswa FE UNM) Akan melaksanakan aksi terkait *penolakan kenaikan harga BBM.

11. Pukul 14.00 Wita, rencana aksi Unras di Jl. Sultan Alauddin didepan Kampus Unismuh Kota Makassar sekitar 50 orang dari Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM Komisariat Sospol Unismuh) dipimpin oleh Zulfahmi (Ketua IMM Kom. Sospol Unismuh) akan melaksanakan aksi terkait *penolakan kenaikan harga BBM.

Rekomendasi