Pedagang Bensin Botolan di Sulsel Berhenti Jualan Imbas Harga BBM Naik

| 05 Sep 2022 17:51
Pedagang Bensin Botolan di Sulsel Berhenti Jualan Imbas Harga BBM Naik
Ilustrasi bensin botolan (Antara)

ERA.id - Sejumlah pedagang eceran BBM (Bahan Bakar Minyak) jenis bensin atau yang kerap disapa 'bensin botolan', menghentikan usahanya sebagai dampak dari kenaikan BBM di Sulawesi Selatan.

Salah satunya Haji Memang, warga Galesong Kabupaten Takalar, Sulsel, yang menyatakan berhenti menjual bensin sementara waktu, lantaran harga yang melambung tinggi.

"Kita ambil di SPBU lumayan naik harganya, sekarang tidak tahu mau dijual berapa. Tentu kita harus tambah modal, itu pun masih ada warga yang susah mau beli kalau lihat jumlahnya di botol sedikit," kata dia.

Dampak kenaikan BBM ini mengakibatkan Haji Memang hanya bergantung pada toko kelontong yang dimiliki, sementara bensin tidak lagi  dijual sejak dua hari ini.

Selain Haji Memang, Daeng Baji, Haidir dan beberapa warga sekitar yang merupakan pedagang ecer BBM menghentikan aktifitas berdagang bensin.

Alasannya didominasi karena harga BBM yang terlampau tinggi dan kurangnya modal untuk menambah modal penjualan bensin ecer.

Berdasarkan ketetapan pemerintah, harga BBM resmi naik yakni Pertalite dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter, solar subsidi dari Rp5.150 per liter jadi Rp6.800 per liter, Pertamax nonsubsidi naik dari Rp12.500 jadi Rp14.500 per liter berlaku pada pada Sabtu 3 September 2022, mulai pukul 14.30 WIB.

Sementara itu, Muliati warga Takalar sebagai pengecer bensin juga mengeluh atas kenaikan BBM. Jika Ia biasanya bisa menjual bensin seharga Rp5 ribu/botol kecil, kini terbilang susah, karena kenaikan BBM terbilang sangat tinggi.

"Padahal, pelanggan saya kebanyakan anak sekolah, mereka membeli yang harga Rp5 ribu. Sekarang modalnya naik hampir Rp100 ribu," kata dia.

Muliati menjadi pengecer bensin dengan pengambilan Rp285 ribu per 1 jerigen sebelum harga BBM naik, sementara sekarang harganya Rp365 ribu.

Muliati kesulitan jika harus menaikkan harga bensin per botolnya, maka ia memilih untuk mengurangi volume bensin per botol. Sebab tidak banyak masyarakat yang mau membeli di atas harga Rp10 ribu.

"Kalau mau isi seperti yang dulu, susah terjual harga Rp13-15 ribu, kebanyakan hanya mau beli Rp10 ribu/botol," kata dia.

Rekomendasi